Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Jurusan IPS yang Menjamin Masa Depan, Ada Pilihanmu?

Kompas.com - 24/01/2024, 06:36 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Ada sejumlah jurusan IPS yang menjamin masa depan dan bisa dipilih calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Bagi siswa SMA jurusan IPS yang berencana memilih jurusan kuliah di bidang sama, bisa menjadikan jurusan IPS berikut ini sebagai referensi.

Saat memilih jurusan kuliah, calon mahasiswa selain mempertimbangkan bakat dan minatnya, juga perlu mencari tahu prospek kerja lulusan jurusan incarannya. Apakah menjamin masa depan atau tidak.

Dilansir dari laman Sampoerna University, Rabu (23/1/2024) berikut daftar jurusan IPS yang menjamin masa depan dan bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah ala Dosen UMJ

Jurusan IPS yang menjamin masa depan

1. Administrasi Bisnis

Jurusan IPS yang menjamin masa depan dan bisa jadi pilihan calon mahasiswa adalah Jurusan Administrasi Bisnis.

Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer pembelian, administrasi kantor, sekretaris eksekutif atau manajer produksi industri. Sederet profesi ini banyak dibutuhkan sampai sekarang sehingga memiliki peluang kerja yang masih tinggi.

2. Administrasi Fiskal

Jurusan Administrasi Fiskal akan memperdalam pengelolaan keuangan negara. Lebih rincinya, kamu akan diajak untuk mempelajari bagaimana pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara.

3. Perpajakan

Jurusan perpajakan mempelajari mengenai segala hal terkait pajak dari berbagai perspektif, termasuk sisi hukum, ekonomi dan akuntansi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai profesi penilai pajak dan keuangan, ahli perencanaan pajak atau konsultan bea cukai.

4. Akuntansi

Akuntansi termasuk jurusan kuliah IPS favorit para calon mahasiswa. Akuntansi mempelajari pencatatan serta penyusunan laporan keuangan yang banyak digunakan untuk pengambilan keputusan dalam sektor bisnis.

Peluang kerja akuntansi sangat tinggi dan tidak termakan zaman karena pekerjaan ini selalu dibutuhkan di perusahaan manapun.

Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai akuntan, auditor, pemeriksa keuangan dan manajer keuangan dengan salary yang terbilang lumayan tinggi.

5. Manajemen Perbankan

Mahasiswa Jurusan Manajemen Perbankan akan belajar dalam menangani aktivitas operasional terkait dengan teller, customer services, tabungan deposito serta produk perbankan lainnya.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai teller bank, analis kredit, analis keuangan dan lainnya.

6. Manajemen Pariwisata

Siswa yang tertarik memilih Jurusan Manajemen Pariwisata, akan mempelajari dan mengetahui bagaimana teknik pembangunan dan pengembangan pariwisata sekaligus cara meningkatkan kualitas pariwisata dalam negeri.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai tour lead, membangun bisnis tur dan travel, content creator traveling atau konsultan food and beverage dalam pariwisata.

Baca juga: 7 Jurusan Unair yang Sepi Peminat, Referensi Daftar SNBT 2024

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com