Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Wakili Wisuda 2 Mahasiswa UNP yang Jadi Korban Erupsi Marapi

Kompas.com - 19/12/2023, 08:47 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Negeri Padang (UNP) mewisuda dua korban tewas erupsi Gunung Marapi.

Korban erupsi Marapi yang diwisuda adalah Siska Afrina dan Frengki Candra Kusuma yang merupakan mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Kependidikan (FIP). Mereka diwisuda di Auditorium UNP, pada Senin (18/12/2023).

Keluarga kedua korban turut hadir dalam prosesi wisuda. Nampak haru, saat keluarga keduanya naik ke atas podium.

Baca juga: Daftar 94 Perguruan Tinggi Negeri di Seleksi Masuk PTN Jalur SNBP 2024

Siska Afriani merupakan putri dari Mentas Wardi dan Murni ini berhasil mendapatkan IPK 3,45 dengan Yudisium sangat memuaskan.

Adapun judul skripsi yang ditulis Siska adalah "Hubungan Antara Keterlibatan Orangtua dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Padang".

Kemudian Frengki Candra Kusuma yang merupakan anak dari Jumrizal dan Yanti ini berhasil mendapatkan IPK 3,43 dengan Yudisium sangat memuaskan.

Judul skripsi yang ditulis Frengki adalah "Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Santri Tahfidz Qur'an (RTQ) Darul Izzah Abai Solok Selatan".

ektor UNP, Prof. Ganefri mengungkapkan pelepasan kepada korban dalam acara wisuda kali ini sebagai bentuk duka yang sangat mendalam UNP.

"Memang berat bagi orangtua, karena sudah sekian tahun membesarkan dan menyekolahkan anaknya sampai tamat Perguruan Tinggi lalu tertimpa musibah yang sangat berat ini. UNP menyampaikan duka sangat mendalam. Maka kami buat acaranya, untuk sampaikan rasa duka itu kita lepas dia di acara wisuda ini," ungkap Prof. Ganefri dilansir dari laman UNP.

Lanjut Prof. Ganefri menyatakan Siska Afrina dan Frengki Candra Kusuma sudah berhasil lulus dan melengkapi persyaratan wisudanya, sehingga nama keduanya sudah terdaftar dalam peserta wisuda UNP periode 133 ini.

Baca juga: Tambah 8, Kini UNP Punya 111 Guru Besar

Tak hanya penyerahan ijazah keduanya, pada acara ini juga diserahkan santunan kepada keempat keluarga mahasiswa UNP yang menjadi korban erupsi Marapi.

Santunan itu berasal dari Direktorat Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumatera Barat, dan Asuransi Syariah Amanah Kita yang diserahkan langsung oleh Rektor UNP.

Baca juga: Cek 6 Sekolah Kedinasan Kemenhub yang Sepi Peminat

Selain Siska dan Frengki, masih ada dua korban lain yang merupakan mahasiswa UNP, yaitu Reyhani Zahra Fadli (mahasiswi D3 Keperawatan) dan Liarni (mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan) yang berasal dari Solok juga diberi penghargaan khusus dari Rektor UNP.

"Biar bisa jadi kenangan bagi kedua orang tuanya bahwa yang bersangkutan pernah mengenyam pendidikan di UNP," pungkas Rektor UNP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com