Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Calon Rektor Unja 2024-2028, Berikutnya Diseleksi Kemendikbud

Kompas.com - 24/10/2023, 16:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Jambi (Unja) akhirnya mengantongi 3 nama calon rektor periode 2024-2028. Hal ini usai dilaksanakan agenda pemaparan visi dan misi calon rektor yang sebelumnya diikuti sebanyak 4 calon.

Adapun pemaparan visi dan misi itu digelar oleh Senat Unja pada Rapat Senat Tahapan Penyaringan Pemilihan Rektor Periode 2024-2028 di kampus setempat, Selasa (24/10/2023).

Dilansir dari laman Unja, rapat itu dipimpin oleh Ketua Senat Prof. Dr. Syamsurijal Tan dan dihadiri oleh perwakilan Dirjen Diktiristek serta 85 anggota senat Unja.

Pada pemaparan visi dan misi diikuti Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.M.S., Prof. Dr. Ir. Hj. Nurhayati, M.Sc.,agr., Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., dan Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H.

Baca juga: Kisah Guru Besar Unja, Waktu SD Pernah Jualan Es Keliling Kampung

Usai penyampaian visi misi dilanjutkan sesi tanya jawab dan pemilihan langsung oleh 85 anggota senat yang hadir. Dari hasil pemilihan diperoleh suara masing-masing yaitu:

  • Prof. Dr. H. Haryadi: 22 suara
  • Prof. Nurhayati: 3 suara
  • Prof. Drs. H. Sutrisno,: 37 suara
  • Prof. Dr. Helmi: 23 suara

Maka dari itu, 3 nama yang akan maju pada pemilihan berikutnya adalah Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.M.S, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. dan Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H.

Suwitno, perwakilan dari Ditjen Diktiristek menyampaikan harapan serta pesan.

"Kami berharap Unja dapat menjadi lebih maju, membawa perubahan lebih besar dan seluruh bakal calon Rektor yang sudah menandatangani surat deklarasi damai, untuk dapat menjaga kesepakatan saat melakukan proses pemilihan rektor agar terlaksana dengan aman," terang Suwitno.

Setelah ditetapkan 3 calon, Kemendikbud Ristek bakal melakukan proses pemilihan dengan menteri melalui proses wawancara dan rekam jejak.

Hal ini dilakukan agar pemimpin Unja bisa memiliki pemimpin yang membawa kemajuan Universitas Jambi terutama dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi.

"Kami berharap dari seluruh proses yang telah dijalankan tidak ada lagi permasalahan-permasalahan, dan tidak ada lagi perbedaan yang dimana dalam proses pemilihan ini adalah sesuatu yang biasa sehingga terus ada evaluasi dan perbaikan pada setiap periode pemilihan rektor itu sendiri," jelasnya.

Sementara Ketua Panita Pemilihan Rektor Unja, Dr. Taufik Yahya, S.H., M.H., menjelaskan setelah pemilihan ini akan ditetapkan tiga calon rektor dan diteruskan ke Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Ini Cerita Guru Besar Unja yang Dulu Sempat Kerja Serabutan

Untuk tahapan selanjutnya yaitu tahapan wawancara oleh Kementerian dan tahapan pemilihan yang diagendakan pada 9 November 2023, namun disesuaikan dengan jadwal dari kementerian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com