Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Guru Besar Unja, Waktu SD Pernah Jualan Es Keliling Kampung

Kompas.com - 19/10/2023, 10:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi profesor adalah kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Apalagi jika hal itu didapatkan melalui proses yang panjang.

Seperti dialami oleh Prof. Ir. Darlis, M.Sc., Ph.D., yang kini menjadi guru besar dalam bidang ilmu Nutrisi Ruminansia Kecil di Universitas Jambi (Unja).

Dilansir dari laman resmi Unja, Rabu (18/10/2023), dosen Fakultas Peternakan Unja tersebut menempuh pendidikan SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi di kota kelahirannya di Padang.

Sedang pada tahun 1982-1987 ia menempuh pendidikan S1 di Faperta Universitas Andalas (Unand).

Baca juga: Ini Cerita Guru Besar Unja yang Dulu Sempat Kerja Serabutan

Selanjutnya pada 1988 terdaftar sebagai dosen di Fakultas Peternakan Unja. Lalu pada tahun 1992 melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Pertanian Malaysia atas beasiswa SEARCA dan lulus pada 1995.

Pendidikan S3 ditempuhnya di Universitas Pertanian Malaysia yang telah berganti nama menjadi Universiti Putra Malaysia pada tahun 1997 atas beasiswa Pemerintah Malaysia dan lulus pada tahun 2001.

Darlis yang merupakan anak ke-2 dari 6 bersaudara tersebut memiliki ayah yang bekerja di Kantor Gubernur Sumatera Barat, dan ibunya hanya seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja.

Karena termasuk golongan rendah, sewaktu SD ia berjualan es keliling kampung untuk uang jajan sekolahnya. Dengan begitu dirinya tidak lagi meminta uang jajan kepada orangtuanya.

Kemudian, masuk bangku SMP ia berhenti berjualan dan fokus belajar hingga akhirnya meraih juara umum 3 tahun berturut-turut.

Ia menceritakan dahulunya ketika sudah masuk ke perguruan tinggi, orangtua nya berjualan untuk memenuhi ekonomi keluarga.

Jam 3 pagi orangtuanya sudah bangun untuk menyiapkan barang dagangannya, orangtuanya juga selalu memastikan bahwa anaknya harus bangun pagi untuk pergi menimba ilmu.

Begitu besar kasih sayang dari kedua orangtuanya untuk selalu memberikan dorongan dan motivasi agar anak-anaknya tetap fokus pada sekolahnya dan dapat mewujudkan cita-cita mereka.

Darlis juga memberikan motivasi bagi mahasiswa yang sedang berusaha memperjuangkan cita-citanya, dan berpesan untuk selalu belajar pada hal-hal yang baru.

Baca juga: Ini Mahasiswi Unja yang Aktif Ikut Kegiatan UN Foundation

"Teruslah belajar, cari hal-hal di luar dari apa yang sedang kita pelajari agar makin banyak pengetahuan baru yang kita dapatkan, jadi belajar di luar apa yang kita geluti dan kalau bisa sampai ke luar negeri," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com