Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2023, 07:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAScom - Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) mencatat sejarah baru. Politeknik ini resmi memiliki guru besar pertama setelah mengukuhkan Sri Tutie Rahayu sebagai guru besar Manajemen Sumber Daya Manusia.

Pengukuhan Prof. Sri Tutie Rahayu sebagai guru besar ini dilakukan melalui sidang senat terbuka di Semarang, pada Jumat (6/10/2023).

Baca juga: Tambah 3, Unhas Sudah Punya 487 Guru Besar

Sebagai guru besar di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Prof. Tutie mengajak seluruh elemen di bidang maritim untuk membangun karakter kemaritiman Indonesia.

Ajakan tersebut disampaikan dalam orasi ilmiah yang berjudul "Peran Penting Rekognisi Pembelajaran Lampau Dalam Pendidikan Maritim".

"Indonesia punya potensi dan modal besar, seperti bonus demografi dalam mewujudkan negara poros maritim dunia. Maka dari itu, perlu ditumbuhkembangkan dengan mewujudkan cita-cita negara maritim yang besar dan menjadi pusat peradaban dunia. Terlebih kita dikenal sebagai negara maritim yang besar," ucap dia dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud.

Dia berharap, agar Polimarin dapat terus melahirkan pelaut-pelaut andal di tanah air yang akan semakin hebat dan mampu memimpin dunia maritim.

Terlebih Indonesia menjadi salah satu negara maritim dengan perairan yang sangat luas.

"Kita mempunyai lautan luas, maka kita harus mampu melahirkan pelaut-pelaut hebat dan kita pun harus memimpin di dunia maritim," ujar perempuan yang pernah jadi Direktur Polimarin ini.

Prof. Tutie mengajak pemangku kepentingan terkait untuk memikirkan dan mencari solusi bersama demi kemajuan pendidikan maritim.

Baca juga: Tak Pernah Bolos Kuliah, Cara Embun Lulus Kuliah dan Gapai IPK 3,98

"Industri perguruan tinggi pemerintah harus berjalan bersama. Jangan sampai ada kontradiksi. Mari bagaimana mencari solusi bersama," ungkap dia.

Prof. Tutie pun berharap agar kompetensi dosen di perguruan tinggi maritim bisa terus dikembangkan. Perguruan tinggi maritim juga dituntut untuk mempunyai laboratorium yang canggih.

"Kompetensi dosen harus dikembangkan. Saya mengajak kepada semua untuk tergugah mengembangkan kualitas pendidikan maritim," jelas dia.

Direktur Polimarin, Akhmad Nuriyanis mengatakan, pengukuhan Prof. Tutie sebagai guru besar bidang Manajemen Sumber Daya Manusia telah mengukir sejarah baru bagi institusinya.

Baca juga: Siswa SD-SMA Libur Sekolah 2 Minggu di Desember 2023, Catat Tanggalnya

"Guru besar akan meningkatkan peran dan fungsi perguruan tinggi, sekaligus memegang peranan dalam memajukan peradaban bangsa," jelas Akhmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com