Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2023, 20:31 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) yang dipimpin Dr. Fuad Gani memberikan sumbangan buku, pelatihan penerapan katalog dan klasifikasi bahan pustaka kepada pengelola Taman Bacaaan Masyarakat (TBM) Bibliofilia yang berada di Kawasan Waduk Saguling, Bandung Barat, Jawa Barat pada 28-29 September 2023.

Pada kegiatan tersebut tim dari UI juga memberikan pemahaman penggunaan media sosial kepada kepada anak dan remaja.

TBM Bibliofilia menjadi pusat transformasi, tidak hanya untuk pengelolanya yang berdedikasi dan anak remaja yang telah tersentuh teknologi informasi, tetapi untuk seluruh komunitas di sekelilingnya.

Fuad Gani mengatakan, pelatihan tentang katalog perpustakaan dan skema klasifikasi telah menjadi inspirasi bagi pengelola TBM Bibliofilia.

Baca juga: 10 Jurusan S2 dengan Gaji Paling Tinggi di Luar Negeri

Tim pengabdian masyarakat UI beri pelatihan ke TBM Bibliofilia

Komitmen mereka untuk menguasai keterampilan ini mirip dengan menemukan harta karun yang tersembunyi di dalam koleksi sebuah perpustakaan.

Fuad Gani menjelaskan, melalui pelatihan ini pengelola TBM Bibliofilia mengkategorikan buku, memastikan bahwa koleksi TBM mudah ditemukan.

Sehingga pada gilirannya, akan memudahkan pengguna TBM menemukan buku yang dibutuhkan untuk memperkaya pengetahuan mereka.

"Pengelola TBM Bibliofilia Saguling terlihat semangat mengikuti pelatihan ini untuk menjadikan TBM Bibliofilia sebagai mata air ilmu pengetahuan," kata Fuad Gani seperti dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (2/10/2023).

Baca juga: Apa Itu Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka? Cek Penjelasannya

Latih anak remaja gunakan medsos dengan bijak

Di saat yang bersamaan Tim Pengabdian Masyarakat UI juga memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis bagaimana menggunakan Media Sosial yang sehat dan aman kepada anak dan remaja yang tinggal di sekitar TBM Bibliofilia Saguling.

Menurut Fuad,  para anak dan remaja menceritakan pengalamannya mereka menggunakan YouTube, TikTok dan Snack Video sementara instruktur dari UI menjelasakannya dengan penuh kesabaran dan kegembiraan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com