Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuan Rumah "Sendimas 2023", Ukrida Dorong Inovasi Pengabdian Masyarakat

Kompas.com - 24/09/2023, 15:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) menjadi tuan rumah "Seminar Pengabdian Masyarakat (Sendimas)" yang diadakan secara Hibrid, pada Kamis-Jumat, 21-22 September 2023.

Seminar Sendimas ini merupakan kolaborasi lima perguruan tinggi yaitu Universitas Kristen Maranatha, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Selain kelima universitas tersebut, Sendimas kali ini juga diikuti peserta dari Bali, Madura, Indramayu, Jogja, Ciamis, Banyuwangi, Malang, Manado, Semarang, Surabaya, Jakarta, Sumbawa, Bone, dan beberapa kota lain.

 

Tahun ini Sendimas mengangkat “Pengabdian Masyarakat dan Pemberdayaan Mitra Abmas,” dan merupakan telah memasuki penyelenggaraan ke-8 sejak dimulai tahun 2016 di Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.

Sendimas 2023 mengangkat beberapa sub-tema dengan kata kunci inovasi mulai dari peningkatan ekonomi masyarakat, lingkungan hidup hingga persatuan bangsa, di antaranya; yaitu Inovasi Peningkatan Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat, Inovasi Peningkatan Kesejahteraan Berbasis Kreativitas.

Selain itu diangkat pula sub tema; Inovasi Penerapan Teknologi Tepat Guna, Inovasi Penyuluhan dari Berbagai Bidang ilmu, Inovasi Pelestarian Lingkungan Hidup, dan Inovasi Memperteguh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Ketua Panitia Sendimas 2023, Susana Elya Sudradjat mengatakan, sebanyak 153 paper dipresentasikan di mana 17 paper dipresentasikan secara onsite dan 136 paper secara online.

Rektor Ukrida, Wani Devita Gunardi memberikan apresiasi atas pelaksanaan Sendimas 2023 di mana Ukrida berkesempatan menjadi tuan rumah. Di awal sambutan, Rektor Ukrida mengatakan, “kita berkumpul di sini untuk mengawali sebuah perjalanan intelektual yang menarik dan bermakna.

"Karena Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat ini merupakan wadah bagi para akademisi, praktisi, dan peneliti untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta ide-ide inovatif," lanjutnya,

Selain itu Rektor Ukrida menekankan bahwa Sendimas ini bukan sekadar pertemuan akademik, tetapi juga ajang merangsang pemikiran kritis, mempromosikan kolaborasi ilmiah, dan menghasilkan solusi relevan untuk tantangan yang dihadapi masyarakat dan dunia saat ini.

Baca juga: Politeknik Negeri Samarinda Inovasi Mesin Perontok Padi Tenaga Surya

Setelah simbolis pemukulan gong oleh Rektor Ukrida sebagai tanda dibukanya Sendimas 2023, maka sebagai wujud komitmen bersama dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh perwakilan kelima universitas yang tergabung dalam mitra Sendimas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com