Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S1 ke Kanada, Kuliah Gratis dan Dapat Uang Saku

Kompas.com - 24/09/2023, 13:12 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beasiswa S1 fully funded atau beasiswa full kuliah ke Kanada yang bisa dicoba.

Beasiswa ini dibuka oleh University of Toronto. Di kampus ini, sejumlah beasiswa ditawarkan. Salah satunya beasiswa Lester B. Pearson melalui programnya The Lester B. Pearson International Scholarships.

Beasiswa ini memberikan kesempatan siswa berprestasi secara akademik serta punya kreativitas yang luar biasa untuk mendaftar.

Selain mendapatkan beasiswa penuh, mahasiswa juga mendapatkan tanggungan biaya kuliah (tuition), tunjangan buku, biaya tak terduga, dan dukungan tempat tinggal penuh selama empat tahun di Toronto, Kanada.

Baca juga: Beasiswa Mahasiswa S1, Bantuan UKT dan Dapat MacBook

Beasiswa diberikan mulai tahun pertama kuliah S1 di University of Toronto. Berikut persyaratan lengkapnya.

Persyaratan beasiswa S1 ke Kanada

1. Siswa internasional (yaitu non-Kanada yang perlu izin belajar)

2. Saat ini berada di tahun terakhir sekolah menengah (SMA/sederajat) atau telah lulus paling lambat Juni 2023

3. Memulai studi di Universitas Toronto pada bulan September 2024 (siswa yang sudah menjalani studi pasca sekolah menengah tidak dapat dipertimbangkan;

siswa yang memulai studi mereka pada Januari 2024 di institusi pasca-sekolah menengah lainnya tidak dapat dipertimbangkan)

Cara daftar

1. Memiliki formulir nominasi dari sekolah asal. Apabila sekolah belum memiliki formulir nominasi atau tidak terdaftar sebagai nominasi dari beasiswa ini, maka bisa mengajukan permohonan untuk berpartisipasi dalam program ini melalui pendaftaran online laman beasiswa.

Baca juga: Beasiswa Chevening 2024 Dibuka, Kuliah Gratis Tanpa Batas Usia dan LoA

Bila SMA atau SMK yang sudah berpartisipasi pada tahun sebelumnya dan terdaftar, akan menerima akses nominasi mulai awal September.

2. Mendaftar secara online untuk belajar di Universitas Toronto (tautan eksternal) untuk memulai studi pada bulan September 2024 dan menyelesaikan aplikasi untuk masuk pada tenggat waktu yang sesuai (tautan eksternal). Perlu diperhatikan bahwa siswa akan dipertimbangkan untuk Beasiswa Pearson untuk program pilihan pertama. Cek ketentuannya di laman beasiswa pada bagian U of T.

3. Jika siswa sudah menerima nominasi dan bisa mendaftar ke universitas, kamu dapat melengkapi aplikasi Beasiswa Lester B. Pearson online melalui tautan pribadi ke aplikasi beasiswa ketika kamu berhasil dinominasikan oleh sekolah. 

Jadwal pendaftaran beasiswa S1 Kanada

  • Batas waktu nominasi sekolah: 30 November 2023
  • Batas waktu pendaftaran mahasiswa OUAC: 15 Desember 2023 (Harap diperhatikan bahwa ini adalah tanggal terakhir untuk mengajukan permohonan ke OUAC, meskipun kamu dapat mendaftar hingga 15 Desember 2023, disarankan agar kamu mendaftar melalui OUAC sesegera mungkin (Tanggal yang disarankan untuk mendaftar adalah sebelum 7 November 2023)
  • Batas waktu pendaftaran beasiswa pelajar: 15 Januari 2024
  • Hasil seleksi beasiswa akan disampaikan pada akhir April 2024.

Baca juga: 4 Tips Memulai Usaha bagi Mahasiswa

Info lebih lengkap bisa membuka laman https://future.utoronto.ca/pearson

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com