Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S1-S3 ke Taiwan, Beri Biaya Kuliah dan Tunjangan Bulanan

Kompas.com - 20/09/2023, 10:33 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taiwan bisa menjadi salah satu negara tujuan untuk melanjutkan studi bagi mahasiswa internasional. Negara ini dikenal karena sistem pendidikan yang berkualitas tinggi, lingkungan belajar yang inovatif, dan budaya ramah terhadap orang asing.

Bagi kamu yang memiliki mimpi untuk studi ke Taiwan, National Yang Ming Chiao Tung University (NYCU) dapat menjadi pilihanmu karena rutin membuka pendaftaran beasiswa S1, S2 dan S3 sebanyak 2 kali dalam setahun.

NYCU merupakan merupakan gabungan dari National Yang Ming University dan National Chiao Tung University di Taiwan, keduanya merupakan universitas terkemuka di Taiwan.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 di Taiwan, Ada Uang Saku Rp 9 Juta Per Bulan

Universitas ini didirikan secara resmi pada 1 Februari 2021. Walaupun masih tergolong muda, universitas ini telah menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Taiwan dengan peringkat dunia 217 berdasarkan QS World University Ranking 2024.

NYCU sendiri memiliki 1.400 staf pengajar, lebih dari 17.000 mahasiswa, serta menawarkan hampir 100 program gelar, mulai dari Ilmu Komputer, Ilmu Biomedis, hingga Ilmu Kemanusiaan dan Sosial. Bahkan universitas ini merupakan universitas pertama di Taiwan yang menyediakan modul bagi mahasiswa kedokteran.

Berikut cakupan dan syarat sebagai persiapan pendaftaran beasiswa NYCU pada periode fall semester yang dibuka awal tahun:

Baca juga: Dapat Beasiswa di Taiwan Melalui IISMA, Mahasiswa Ukrida Ini Bagikan Pengalaman Studinya

Cakupan beasiswa NYCU

1. Biaya pendidikan dan tunjangan bulanan:

  • Mahasiswa S1: 5.000-21.000 dolar Taiwan setara dengan Rp 2,4 juta - Rp 10 juta
  • Mahasiswa S2: 7.000-25.000 dolar Taiwan setara dengan Rp 3,3 juta - Rp 12 juta
  • Mahasiswa S3: 15.000-30.000 dolar Taiwan setara dengan Rp 7 juta - Rp 14,5 juta

2. Beasiswa pendidikan dibagi menjadi dua kategori: pembebasan penuh biaya kuliah dan biaya kuliah dibebankan sesuai dengan tarif siswa lokal.

3. Tunjangan bulanan dan beasiswa pendidikan dapat diberikan secara terpisah atau bersamaan.

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Tanpa Syarat Usia, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Ketentuan beasiswa NYCU 

1. Penerima beasiswa dan hibah pelajar internasional tidak boleh merangkap menerima subsidi lain dalam bentuk beasiswa dan hibah dari pemerintah.

Namun, pengecualian dibuat untuk mahasiswa PhD penerima beasiswa NYCU. Siswa yang menghadiri Konferensi Internasional dan program khusus yang disetujui oleh dokumen resmi NYCU tidak termasuk dalam peraturan ini.

2. Penerima beasiswa sarjana internasional harus mengambil minimal empat kursus bahasa Mandarin selama studi. Sementara itu, penerima beasiswa master dan PhD diwajibkan mengambil minimal dua kursus bahasa Mandarin.

Mereka yang telah mengikuti kursus bahasa Mandarin di Taiwan atau telah lulus tes bahasa Mandarin tingkat nasional dapat mengajukan pengecualian.

Namun, bagi yang tidak memenuhi persyaratan ini sebelum lulus, universitas berwenang untuk meminta pengembalian beasiswa dan hibah yang diterima.

Baca juga: 18 Beasiswa S1-S3 Tawarkan Kuliah Gratis hingga Uang Saku Besar

3. Beasiswa mahasiswa internasional hanya dapat diajukan oleh dan diberikan kepada
mahasiswa Universitas saat ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com