Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Kemendikbud Disahkan Jadi Rp 98 Triliun pada 2024

Kompas.com - 15/09/2023, 14:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Komisi X DPR RI mengesahkan pagu anggaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tahun 2024 sebesar Rp 98 triliun pada Rabu (13/9/2023).

Jumlah tersebut merujuk pada penyesuaian hasil Rapat Panitia Kerja (Panja) Kebijakan Belanja Pemerintah Pusat (Panja BPP) Rancangan Undang-undang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belana Negara Tahun Anggaran 2024 (RUU RAPBN TA 2024).

Pagu anggaran Kemendikbud Ristek yang telah disahkan ini meningkat dari pengajuan sebelumnya yakni Rp 97 triliun.

Baca juga: Lulusan SMA/MA Bisa Daftar Akpol Berpangkat Ipda, Berikut Syaratnya

Peningkatan anggaran sebesar Rp 1 triliun adalah untuk belanja pegawai, dengan rincian, yaitu:

Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan Tunjangan Khusus Guru (TKG) NonPNS sebesar Rp 454 miliar.
Tunjangan Profesi Dosen (TPD) dan Tunjangan Kehormatan Guru Besar (TKGB) non-PNS sebesar Rp 210 miliar.
Gaji Pokok dan Tunjangan melekat PNS Kemendikbudristek sebesar Rp 620 miliar.

"Kepercayaan kepada Kemendikbudristek untuk mengelola anggaran pendidikan yang lebih besar, tentunya akan sangat berdampak pada penguatan program-program prioritas dalam memastikan layanan pendidikan, pemajuan kebudayaan, riset dan teknologi secara lebih berkualitas," kata Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim dalam keterangannya, Jumat (15/9/2023).

Perwakilan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Sofyan Tan menyampaikan selamat atas disahkannya pagu anggaran Kemendikbud Ristek tahun 2024.

Selanjutnya, Agustina Wilujeng Pramestuti selaku pimpinan sidang menyampaikan harapannya agar kinerja Kemendikbud Ristek semakin meningkat lebih efektif dan efisien dengan disahkannya pagu anggaran sebesar Rp98 Triliun.

Hetifah Sjaifudian dari Fraksi Golongan Karya (Golkar) menambahkan, kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN) sebesar 8 persen semoga menjadi motivasi bagi seluruh ASN Kemendikbudristek dalam berkinerja ke depan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Mendikbud Ristek dan jajarannya karena selama tahun 2023 telah menunjukkan kerja samanya yang baik sebagai mitra dalam membangun dunia pendidikan di Indonesia. Semoga tujuan mulia kita bersama bisa diraih," jelas dia.

Djohar Arifin Husin dari Fraksi Gerindra menyampaikan ucapan selamat seraya berharap semoga anggaran tersebut bisa memacu peningkatan kinerja Kemendikbud Ristek.

"Kami menyetujui pagu anggaran Kemendikbudristek tahun 2024," ujar Djohar.

Perwakilan Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem), Eva Stefany Rataba, menyambut baik pagu anggaran Kemendikbud Ristek TA 2024 yang meningkat pada aspek belanja pegawai.

Baca juga: Tahun 2024, Siswa SD hingga SMA/SMK Bisa Libur 27 Hari

"Hal ini akan menambah semangat bagi pegawai Kemendikbud Ristek," tutur dia.

"Semoga program prioritas Kemendikbud Ristek dapat menyasar kepada masyarakat dengan semakin cepat untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga upaya kita bersama dalam mengupayakan revolusi mental dan kebudayaan bagi generasi muda dapat tercapai dan segala persoalan pendidikan dapat teratasi," tambah dia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com