Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: Lulus PPG Prajabatan Bisa Langsung Daftar Seleksi PPPK

Kompas.com - 15/09/2023, 10:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 13.206 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 1 tahun ajaran 2022/2023 dinyatakan lulus.

Dirjen GTK Kemendikbud Ristek, Nunuk Suryani mengaku, para lulusan PPG Prajabatan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti rekrutmen guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) tahun 2023 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Baca juga: Lulusan SMA/MA Bisa Daftar Akpol Berpangkat Ipda, Berikut Syaratnya

"Kami akan senantiasa berkomitmen dan berjuang dalam mengawal agar lulusan PPG Prajabatan menjadi generasi baru guru Indonesia yang berkualitas dalam mendidik anak-anak Indonesia," ucap dia dalam keterangan resminya, Jumat (15/9/2023).

Nunuk menyampaikan apresiasi atas perjuangan dan semangat para guru yang berhasil lulus menjadi guru profesional.

"Selamat kepada semua lulusan PPG Prajabatan. Saya sangat senang menyambut lahirnya guru-guru yang akan membawa perubahan pada pendidikan di Indonesia," kata dia.

Dia juga memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional, Koordinator Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) pelaksana program PPG, dosen, guru pamong serta seluruh pihak yang telah mengawal dan bekerja keras membantu proses penyelenggaraan PPG Prajabatan gelombang 1 tahun 2022/2023.

“Tentunya dalam mengawal proses ini sampai selesai, kita melibatkan banyak pihak yang tiada henti bekerja untuk memastikan calon-calon guru yang berkualitas. Untuk itu saya ucapkan terima kasih tak terhingga, kepada semua pihak yang mendukung dan mengambil peran,” katanya.

Baca juga: Deretan 11 Beasiswa S2 Dalam Negeri, Bisa Kuliah Gratis

Nunuk Suryani menambahkan, setelah pengumuman hasil kelulusan ini, para lulusan PPG Prajabatan akan diproyeksikan untuk mengisi kekosongan serta menggantikan guru-guru yang pensiun pada satuan pendidikan di berbagai daerah.

"Ini sejalan dengan visi program PPG Prajabatan yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan kebutuhan dan pemenuhan guru secara kuantitas dan kualitas sehingga layanan pendidikan dapat berjalan dengan baik demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila," jelas dia.

Baca juga: Tahun 2024, Siswa SD hingga SMA/SMK Bisa Libur 27 Hari

Para peserta seleksi dapat mengakses pengumuman kelulusan PPG Prajabatan melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com