Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UM Surabaya: Ini Dampak dan Bahaya Polusi Udara bagi Lansia

Kompas.com - 14/09/2023, 12:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Program Sarjana Terapan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Vella Rohmayani mengatakan, udara bersih menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi manusia.

Namun semakin lama lingkungan terus mengalami degradasi karena eksploitasi alam yang berujung pada terjadinya pencemaran lingkungan.

Baca juga: Deretan 11 Beasiswa S2 Dalam Negeri, Bisa Kuliah Gratis

Diketahui bahwa derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor lingkungan, faktor perilaku, faktor pelayanan dan faktor genetik atau keturunan, sehingga kondisi lingkungan yang buruk akan berimbas pada penurunan kondisi kesehatan manusia.

"Polusi udara jadi salah satu faktor yang memicu terjadinya risiko masalah kesehatan masyarakat terutama pada kelompok lanjut usia (lansia). Usia lansia merupakan kelompok rentan jika terpapar polusi udara, karena lansia jauh lebih mudah terserang penyakit dan dapat berisiko mengalami kondisi fatal," kata dia dikutip dari laman UM Surabaya, Kamis (14/9/2023).

Vella menegaskan, kondisi kesehatan lansia perlu mendapatkan perhatian dan perlindungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan kelompok usia muda atau produktif.

Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa polusi udara tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan paru-paru saja, tetapi juga bagi kesehatan organ tubuh lainnya.

Dengan begitu, jika lansia terpapar polusi udara bukan hanya akan menderita gangguan sistem pernafasan saja, tapi juga memicu timbulnya gangguan kesehatan lain.

Seperti, gagal ginjal, demensia, serta risiko kesehatan yang serius lainnya.

Baca juga: Lulusan SMA/MA Bisa Daftar Akpol Berpangkat Ipda, Berikut Syaratnya

"Selain itu paparan polusi udara secara tidak langsung juga dapat menyebabkan terjadinya menurunkan daya tahan tubuh, serta dapat menimbulkan kondisi stress," ungkap dia.

Vella menyatakan, dampak polusi udara dari paparan karbon monoksida dapat memicu terjadinya gangguan tekanan darah yang ditandai dengan terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik maupun tekanan darah diastolik.

Zat karbon monoksida ternyata memiliki kemampuan mengingat Hb 245 kali lebih kuat, jika dibandingkan dengan oksigen.

Peningkatan kadar karbon monoksida dalam tubuh dapat menyebabkan sakit kepala, gangguan pernafasan, hingga depresi.

Baca juga: Siswa SD-SMA Libur 2 Minggu pada Akhir Tahun 2023, Catat Tanggalnya

"Jika kelompok lansia terpapar oleh polusi udara dalam jangka waktu yang panjang tentu akan mengakibatkan lansia tersebut dapat terserang berbagai penyakit yang menyebabkan masalah kesehatan serius dan fatal," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com