Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Mahasiswa Unkris Raih Bantuan Wirausaha Kemenpora dan Kota Bekasi

Kompas.com - 27/06/2023, 21:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dua mahasiswa Universitas Krisnadwipayana (Unkris) mendapatkan bantuan modal kewirausahaan dari Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Asrorun Ni’am Sholeh dan Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono.

Bantuan diberikan secara langsung dalam Kuliah Kewirausahaan Pemuda bertema tema "Sambut Masa Depan Menjadi Wirausahawan" yang digelar secara hibrid di Kampus Unkris pada Selasa (27/6/2023).

Nofitaria, Mahasiswi Prodi Manajemen Unkris yang merintis bisnis roti mendapatkan bantuan dana senilai Rp 10 juta dari Kemenpora. Sedang Ermas Sari, Mahasiswa Prodi Akuntansi yang merintis bisnis budi daya magot mendapatkan bantuan dana kewirausahaan senilai Rp 20 juta dari Plt Walikota Bekasi.

Bantuan dana kewirausahaan diperoleh saat kedua mahasiswa tersebut menyampaikan pertanyaan kepada kedua narasumber terkait cara mengembangkan usaha yang tengah dirintis.

Kuliah Kewirausahaan Pemuda menghadirkan narasumber Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh, Plt. Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, Pemimpin Wilayah VIII Jakarta I PT Pegadaian Alim Sutiono, dan Dosen Unkris Susetya Herawati dengan moderator Lydia Darmiyanti.

Turut hadir Rektor Unkris Ayub Muktiono, Ketua Dewan Pembina Unkris Prof Gayus Lumbuun, Ketua Dewan Pengawas Yayasan Unkris Ali Johardi dan Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin.

Dalam kesempatan tersebut ditandatangani pula kesepakatan kerja sama antara Kemenpora dengan Unkris.

Selain diikuti mahasiswa, Kuliah Kewirausahaan Pemuda juga diikuti perwakilan siswa SMA dan SMK yang ada di sekitar kampus Unkris. Harapannya, para siswa dapat terinspirasi menjadi seorang wirausahawan dan mulai merancang masa depannya melalui bidang wirausaha.

Baca juga: Fasilitasi Generasi Muda Berwirausaha, KemenKopUKM Luncurkan Program Entrepreneur Development

Wujudkan Indonesia Emas lewat Entrepreneurship

Asrorun Ni’am dalam sambutan menyampaikan, Kemenpora sebagai salah satu institusi Pemerintah memiliki tugas mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia unggul dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang merupakan visi Presiden Jokowi di dalam RPJPN.

“Di dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 maka tidak mungkin berhasil tanpa partisipasi dan juga kesediaan dari rekan-rekan semua (mahasiswa). Kalian memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan bangsa Indonesia menjadi lebih kuat dan maju ke depannya," katanya.

Menurutnya, Presiden Jokowi merumuskan visi Indonesia Emas 2045 dengan capaian kemandirian Indonesia yang diawali dengan berapa banyak jumlah Entrepreneur baru sebagai penyokong kemandirian ekonomi Indonesia.

Entrepreneur ini bisa dipacu dengan memberdayakan anak-anak muda yang jumlahnya saat ini mencapai 64 juta jiwa dari total populasi 275 juta jiwa.

“Para pemuda yang rentang usia 16 hingga 30 tahun adalah masa emas untuk mewujudkan Indonesia emas 2045,” tambah Asrorun Ni’am. Ia mengingatkan, semua manusia diciptakan sebagai seorang pemimpin. Dalam jiwa setiap orang juga memiliki potensi menjadi wirausaha.

"Artinya fitrah manusia yang ada di dalam diri kita selain fitrah kepemimpinan juga fitrah kewirausahaan. Kalian sebagai mahasiswa fakultas teknik di dalam jiwanya ada jiwa entrepreneurship, begitu juga mahasiswa fakultas hukum juga ada entrepreneurship bahkan pelajar tingkat SMU juga punya fitrah kewirausahaan," ucapnya.

Ia berharap dari Unkris ini, para mahasiswa bisa belajar bersama untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi kewirausahaan melalui narasumber-narasumber yang bisa menginsiprasi dan memotivasi.

Pada kesempatan sama, Plt. Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono menyampaikan, Unkris adalah salah satu aset yang dimiliki kota Bekasi dan diharapkan dapat mendukung lahirnya SDM berkualitas untuk mengubah kota Bekasi menjadi jauh lebih maju.

“Karena itu kami dari Pemkot Bekasi terus berupaya meningkatkan kolaborasi dengan Unkris dalam berbagai bidang,” katanya.

Sebagai kota yang menjadi tujuan investasi, lanjut Tri Adhianto, Kota Bekasi akan terus menyiapkan infrastruktur dan lingkungan memadai untuk tumbuhnya wirausaha muda.

Dengan pengelolaan tata kota yang baik dan sistem pengendalian banjir yang baik pula, Tri Adhianto optimis Kota Bekasi bakal terus tumbuh.

Kepada mahasiswa, Walikota juga mengingatkan bahwa menjadi wirausahawan adalah pilihan yang tepat.

"Karena sesungguhnya jika ada 100 pintu rejeki yang disediakan Tuhan, maka 99 diantaranya berasal dari pintu wirausaha. Itu sebabnya kami tidak mendorong pemuda menjadi pegawai, tetapi justeru menjadi wirausahawan,” lanjutnya.

Baca juga: Kejar Target Ambisius Sejuta Pengusaha, Pemerintah Bentuk Entrepreneur Hub

Menggerakkan semangat kewirausahaan

Sebelumnya, Rektor Unkris Ayub Muktiono dalam sambutan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kemenpora dan Pegadaian yang telah mendukung program Kuliah Kewirausahaan Pemuda di Unkris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com