Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi Mandiri Unair Dibuka hingga 5 Juli 2023, Ini Informasinya

Kompas.com - 02/06/2023, 14:47 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) telah membuka jalur mandiri dari 29 Mei sampai 5 Juli 2023.

Bagi calon mahasiswa yang mau masuk Unair tapi tidak lolos dari jalur SNBP maupun SNBT, maka bisa menggunakan jalur mandiri.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, akibat Jual Beli Ijazah dan Gunakan Dana KIP Kuliah

Rektor Unair, Prof. Mohammad Nasih mengatakan, bahwa ada tiga skema yang dapat calon mahasiswa pilih lewat jalur mandiri.

Yang pertama dalah jalur nilai UTBK dan TKA.

"Untuk jalur ini nantinya tidak hanya akan melihat berapa nilai UTBK-nya tapi juga kemampuan akademiknya," ucap dia mengutip laman Unair, Jumat (2/6/2023).

Bukan tanpa alasan, kata dia, skema pertama ini akan membantu calon mahasiswa dalam beradaptasi di lingkungan kuliah nantinya.

"Kriteria setiap fakultas tentu berbeda, jadi kriteria TKA pada setiap fakultas juga berbeda. Tapi hal ini akan membantu calon mahasiswa untuk beradaptasi waktu kuliah nanti," ungkap Prof. Nasih.

Skema kedua adalah jalur seleksi ujian TPA dan TPS. Sedangkan skema ketiga adalah kemitraan jalur ujian tulis.

Prof. Nasih turut menegaskan transparansi dan akuntabilitas terus Unair jaga.

"Kami akan terus menjaga transparansi dan akuntabilitas jalur mandiri. Setiap informasi yang ada akan kami sampaikan secara terbuka kepada publik," ujarnya.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, Kemendikbud: Mahasiswanya Akan Difasilitasi Pindah

Informasi mengenai jadwal dan ketentuan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri tertera di website Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair.

Pendaftaran mandiri skema pertama sudah dibuka 29 Mei 2023 dan akan ditutup pada 22 Juni 2023.

Sementara untuk skema kedua dan ketiga dibuka 29 Mei 2023 dan berakhir pada 5 Juli 2023.

Jalur mandiri ini untuk memberikan fasilitas kepada calon mahasiswa baru Unair yang mengalami kendala saat mengikuti SNBT.

"Kami memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa baru yang kesulitan untuk mengikuti SNBT, mungkin saat itu sedang mengalami masalah atau kendala," jelas dia.

Prof. Nasih turut mengungkapkan bahwa penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri tidak menitikberatkan pada besaran Uang Kuliah Awal (UKA).

Baca juga: Kisah Martono, Raih Gelar Doktor dengan IPK 4,00 di UNY

"Semua tetap berpaku pada kemampuan calon mahasiswa. Kalau hasil tesnya kurang memenuhi kriteria kami tapi UKA-nya besar tetap tidak akan kami terima," tukas Prof. Nasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com