Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Dirjen GTK Prof. Nunuk yang Mengawal Pengadaan PPPK Guru

Kompas.com - 22/03/2023, 13:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim resmi melantik Prof. Nunuk Suryani menjadi Dirjen GTK Kemendikbud Ristek pada 22 Februari 2023.

Sebelum resmi menjabat sebagai Dirjen GTK, Prof. Nunuk Suryani masih mengemban jabatan itu sebagai pelaksana tugas (Plt).

Baca juga: Kemendikbud: Ada 601.286 Formasi ASN PPPK Guru yang Dibutuhkan di 2023

Sebelum Prof. Nunuk, jabatan Dirjen GTK Kemendikbud Ristek diisi oleh Iwan Syahril yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Paud Dikdasmen Kemendikbud Ristek.

Saat dipercayai menjadi Dirjen GTK, Nadiem Makarim menitipkan pesan kepada Prof. Nunuk untuk terus menjalankan program peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan, termasuk mengawal pengadaan guru PPPK.

"Kita perlu memastikan guru yang diangkat menjadi pegawai pemerintakan terjamin kompetensi dan kualitasnya," tegas Nadiem.

Prof. Nunuk juga diminta untuk memperkuat kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memenuhi kebutuhan GTK yang berkualitas di seluruh Indonesia.

Profil Dirjen GTK Kemendikbud Ristek Prof. Nunuk Suryani

Dirjen GTK Kemendikbud Ristek, Prof. Nunuk Suryani saat berbincang dengan awak media pada Selasa (21/3/2023) malam.DOK. KOMPAS.com/DIAN IHSAN Dirjen GTK Kemendikbud Ristek, Prof. Nunuk Suryani saat berbincang dengan awak media pada Selasa (21/3/2023) malam.

Prof. Nunuk Suryani lahir di Karanganyar pada 8 November 1966.

Latar belakang pendidikan Prof. Nunuk adalah lulusan Sarjana dalam bidang Sejarah Indonesia yang lulus dari kampus Universitas Diponegoro (Undip) pada tahun 1989.

Baca juga: Ini 10 Jurusan Kuliah Tersulit, Mau Daftar?

Setelah lulus S1, Prof. Nunuk melanjutkan pendidikannya mengambil Magister dalam bidang Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada 1997.

Kemudian, dia mengambil pendidikan Doktoral bidang Teknologi Pendidikan di UNJ pada 2003.

Pada 2016, Universitas Sebalas Maret (UNS) Surakarta resmi mengukuhkan Nunuk Suryani menjadi Guru Besar Teknologi Pembelajaran Sejarah.

Di UNS, Prof. Nunuk Suryani menjadi guru besar ke-177 dan guru besar ke-55 FKIP UNS.

Sebelum menjadi Dirjen GTK Kemendikbud Ristek, Prof. Nunuk pernah mengemban amanat sebagai Sekretaris Dirjen GTK Kemendikbud Ristek.

Sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kepala LPPKS Kemendikbud Ristek pada tahun 2017-2020.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com