Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2023, 19:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, Universitas Negeri Semarang (Unnes) jadi kampus paling diminati calon mahasiswa.

Melansir laman Unnes, Minggu (26/2/2023), kampus berwawasan konservasi tersebut diminati oleh 42.325 pendaftar di SNMPTN 2022.

Dengan jumlah pendaftar itu, Unnes jadi perguruan tinggi dengan peminat sangat banyak dan menempati peringkat pertama dari universitas yang ada di Indonesia.

Menurut Rektor Unnes Prof. Dr. S Martono, MSi., setiap tahun kampusnya masuk dalam jajaran kampus favorit pilihan calon mahasiswa baru di semua jalur.

Baca juga: Bukan UI atau UGM, Ini PTN Penerima SNMPTN Terbanyak 2022

Hal itu bisa menjadi bukti kepercayaan masyarakat terhadap Unnes yang menjadi tempat untuk menimba ilmu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih Unnes. Kami bersyukur setiap tahun pendaftar Unnes terus meningkat," ujarnya.

"Kepercayaan tersebut akan kami terima sebagai amanah dengan memberikan pelayanan akademik yang prima kepada mahasiswa," imbuh Rektor Unnes.

Pada pelaksanaan 2023 ini, Unnes membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Adapun tiga jalur itu yakni:

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

3. Seleksi Mandiri Unnes.

Di jalur SNBP 2023, Unnes menyediakan kuota 20 persen atau sebanyak 2.214 mahasiswa. Untuk SNBT 2023 sebanyak 30 persen atau 3.333 mahasiswa baru.

Sedangkan Seleksi Mandiri Unnes menyediakan kuota 50 persen atau sebanyak 5.603 mahasiswa.

Baca juga: 26 Jurusan Kuliah UIN Jakarta Berikut Daya Tampung SNBP 2023

Unnes kini memiliki 72 program studi dengan keilmuan yang beragam. Ada keolahragaan, seni, kependidikan, bahasa, sosial, hukum, teknik, sains, ekonomi dan masih banyak lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com