Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Medical Check Up Mandiri Ini Hasil Inovasi Mahasiswa UMM

Kompas.com - 09/02/2023, 15:42 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat inovasi alat medical check up dengan sistem self service.

Setidaknya ada lima mahasiswa yang terlibat dalam merancang alat yang diberi nama Meckup Machine singkatan dari Medical Check Up Machine tersebut.

Mereka adalah Andika Muhammad Zaky, Pandu Satya Wirawan, Muhammad Atsal Fadhil, Reyhani Rahmadita, dan Afif.

Menurut Andika, semua berawal dari obrolan bersama keluarga dan teman dekat terkait pemeriksaan kesehatan. Ternyata, banyak dari mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah melakukannya.

Baca juga: Siswa SMKN 1 Brebes Inovasi Pewarna Batik Alami dari Sampah Ini

Untuk itulah dia dan tim akhirnya berinisiatif menciptakan alat tersebut dengan inovasi. Jadi, nantinya masyarakat bisa dengan sendiri melakukan medical check up. Khususnya bagi mereka yang memiliki ekonomi menengah ke bawah.

Ada beberapa cara kerja dari mesin tersebut. Diawali dengan pembayaran melalui e-money oleh pengguna dengan mengikuti instruksi yang tertera pada layar.

Selanjutnya, pengguna diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar riwayat kesehatan terlebih dahulu. Kemudian baru bisa melakukan semua tes kesehatan di mesin itu.

Jika sudah, pengguna akan mendapatkan hasil akhir pengecekan berupa struk. Jika pengguna terindikasi memiliki penyakit, pengguna dapat memilih opsi pembelian obat pertolongan pertama.

Pada mesin ini terdapat beberapa pengecekan kesehatan, antara lain pengecekan tinggi badan, mata, tekanan darah, suhu badan, saturasi oksigen, dan swab test.

"Semua pengecekan ini kami rancang dengan pelayanan self service atau secara mandiri. Mesin ini juga memiliki perlindungan keamanan mesin yang baik dan akan mudah digunakan masyarakat," ujar Andika dikutip dari laman UMM, Kamis (9/2/2023).

Ia juga menjelaskan mengenai proses perancangan Meckup Machine yang membutuhkan waktu selama 3 bulan.

Menariknya, Meckup Machine juga sudah dipamerkan dalam Pameran Perancangan dan Pengembangan Produk (P3) Teknik Industri UMM 2023 dan mendapat juara 3.

Tak hanya itu saja, mereka juga dapat juara sebagai poster terbaik pada Januari lalu. Rencananya, inovasi ini juga akan diajukan pada Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC).

Baca juga: Mahasiswa Polije Inovasi Alat Semprot Hama Bertenaga Surya, Cara Buatnya Mudah

"Saya harap, ke depannya kami bisa terus melanjutkan proyek Meckup Machine dengan menambah berbagai fitur," harapnya.

Sehingga nantinya alat tersebut dapat digunakan secara luas oleh masyarakat yang kesulitan melakukan pemeriksaan tubuh secara menyeluruh dengan harga yang relatif murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com