Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMKN 1 Brebes Inovasi Pewarna Batik Alami dari Sampah Ini

Kompas.com - 09/02/2023, 11:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, siswa dari pendidikan vokasi juga didorong untuk membuat inovasi baru. Seperti halnya yang dilakukan siswa dari SMKN 1 Brebes Jawa Tengah.

Lantaran Brebes dikenal sebagai salah satu penghasil bawang merah, maka siswa SMK tersebut coba memanfaatkan sampah kulit bawang merah untuk dijadikan sebagai pewarna batik alami.

Adapun inovasi itu dilakukan melalui program SMK Pusat Keunggulan. SMKN 1 Brebes merupakan salah satu penerima program SMK PK dengan kompetensi keahlian di bidang tata busana.

Program yang telah dijalankan sejak 2020 tersebut memberikan manfaat yang banyak, baik berupa fisik maupun teknis.

Baca juga: Mahasiswa Polije Inovasi Alat Semprot Hama Bertenaga Surya, Cara Buatnya Mudah

Dahulu, siswa SMKN 1 Brebes tidak ada pembelajaran tentang desain, berkat adanya program SMK PK ini anak-anak mendapatkan pelajaran tersebut.

Pelajaran desain didapatkan dari guru tamu yang didatangkan ke SMKN 1 Brebes sehingga anak-anak bisa praktik membuat desain. Sekarang, siswa SMKN 1 Brebes sedang mencoba membuat desain berbasis IT.

Menurut Bejo, Kepala SMKN 1 Brebes, dahulu guru SMKN 1 Brebes tidak ada kegiatan magang dan sekarang para guru merasakan kegiatan magang yang dapat meningkatkan kualitasnya.

"Banyak sekali manfaatnya, dapat dilihat dari sarana prasarana berupa penambahan gedung-gedung di sekolah, penambahan peralatan," ujar Bejo seperti dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Rabu (8/2/2023).

Sedangkan dalam proses pembelajarannya, SMK tersebut kerja sama tiga industri di Semarang di bidang penyediaan teknologi, garmen, dan desain. Dari proses pembelajaran ini, siswa dapat mengeksplorasi kemampuannya sehingga ide-ide cemerlang pun dapat keluar.

Hal ini terbukti ketika siswa SMKN 1 Brebes menciptakan produk fashion, seperti jaket, baju muslim, pernak-pernik, dan jilbab.

Baca juga: Mahasiswa UPN Jogja Inovasi Minyak Jelantah Jadi Sabun

Produk fashion yang telah dihasilkan tersebut kemudian dijual saat ada event di sekolah dengan menyediakan spot toko busana karya siswa SMKN 1 Brebes.

Saat ini, siswa SMKN 1 Brebes membuat inovasi berupa pembuatan pewarna batik alami yang berasal dari kulit bawang merah.

Bahkan inovasi ini mengantarkan siswa SMKN 1 Brebes menyabet juara tiga dalam lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova).

Dengan banyaknya sampah bawang merah itu menjadikan peluang siswa untuk membuat bahan pewarna alami pada kain batik.

Sedangkan kain batik pewarna alami ini diproduksi oleh siswa SMKN 1 Brebes dengan kisaran harga yang bervariasi dan telah dijual untuk umum.

Harapan dari SMKN 1 Brebes, akan ada kerja sama yang dapat membantu pemasaran kain batik pewarna alam yang dihasilkan oleh siswa SMKN 1 Brebes supaya jangkauan pembeli kain batik ini menjadi semakin luas.

Sementara untuk mengasah kemampuan siswa, sekolah itu melibatkan UMKM yang begerak di bdiang batik seperti Batik Mangrove Brebes.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Aplikasi Sarapanku, Cocok bagi Anak Rantau

Tentunya, siswa SMKN 1 Brebes merasa senang dengan adanya pelibatan mitra dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan siswa bisa langsung praktik dan tidak hanya belajar teori saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com