Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengabdian Masyarakat FT Unkris Gelar Pelatihan bagi Atase Pendidikan Malaysia

Kompas.com - 21/12/2022, 16:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Laboratorium Elektro InformatikaSistem Informasi (Elits) Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana (FT Unkris) menggelar pelatihan Microsoft Office bagi 13 peserta perwakilan Atase Pendidikan Malaysia (Education Malaysia Indonesia) atau EMI.

Pelatihan yang berlangsung pada 19-20 Desember 2022 ini menjadi bagian implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh FT Unkris.

Dekan FT Unkris Harjono dalam keterangan pers (21/12/2022) menuturkan pelatihan Microsoft bagi staf Atase Pendidikan Malaysia menjadi bentuk sinergi antara perguruan tinggi dengan dunia kerja dunia industri (DUDI).

“Kegiatan ini sekaligus untuk menjadi upaya mengimplementasikan teori dengan kebutuhan di lapangan,” jelas Dekan FT Unkris.

Menurutnya, sinergi antara perguruan tinggi dengan DUDI maupun implementasi materi perkuliahan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini sangat didorong oleh pemerintah melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Perguruan tinggi dituntut untuk lebih memberikan kiprah dan kebermanfaatannya bagi masyarakat maupun dunia kerja," tegas Harjono.

Dekan mengingatkan, teknologi berkembang sangat cepat termasuk dalam hal teknologi perkantoran seiring kebutuhan dunia industri. Olah karena itu, perguruan tinggi diharapkan memiliki daya adaptasi guna memenuhi kebutuhan lapangan kerja.

Pada kesempatan sama, Mubarak Bin Shamsuddin, Penasihat Pendidikan Education Malaysia Indonesia mengungkapkan keinginannya menjalin kerja sama dengan laboratorium Elits FT Unkris.

“Kami ingin mempelajari lebih mendalam dan meng-upgrade kemampuan staf Education Malayasia Indonesia (EMI) dalam penggunaan Microsoft Office khususnya Microsoft Excel dan Microsoft Power Point," ujar Mubarok.

"Dari pelatihan ini kami berharap kerja sama dengan Unkris bisa terus berlanjut dan diperluas cakupannya,” tambahnya.

Baca juga: Cerita Mahasiswa UMM, Lakukan Pengabdian Masyarakat di 3 Negara

Hal senada disampaikan Kepala Laboratorium Elits FT Unkris Bayu Kusumo. Bayu berharap melalui pelatihan Microsoft Office ini dapat mempererat hubungan kerja sama terkait laboratorium khususnya dan menjalankan Pengabdian Masyarakat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com