Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumni UT Capai 2 Juta Orang, Rektor: Semoga Dapat Berkiprah Membantu Pemerintah

Kompas.com - 17/12/2022, 09:08 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Universitas Terbuka (UT) melalui rilis resmi (16/12/2022) menyampaikan saat ini jumlah alumni UT per Desember 2022 telah mencapai angka dua juta orang.

Kabiro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan UT Milwan menyampaikan, jumlah alumni UT tercatat berjumlah 2.000.485 orang, mulai jenjang D2 sampai dengan S2.

Lulusan terbanyak didominasi alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 74 persen.

Sebagai informasi, UT memiliki emapt fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Jumlah ini pun tidak hanya alumni dari mahasiswa di dalam negeri, namun juga di luar negeri.

"Terkait jumlah alumni yang sangat besar dan tersebar di seluruh tanah air, kita berharap semoga alumni UT dapat berkiprah membantu program-program pemerintah dan bangsa dalam meningkatkan kekuatan ekonomi, sosial, dan politik untuk Indonesia yang semakin jaya," ungkap Rektor UT, Prof. Ojat Darojat.

Wakil Rektor Pengembangan Insitusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman menambahkan,  UT memberikan kesempatan bagi semua warga Negara Republik Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah 3T.

“Saat ini, ada dua orang alumni UT dan tiga orang mahasiswa UT aktif yang tinggal di Pulau Miangas, pulau terluar di bagian utara Indonesia," ungkap Rahmat Budiman.

"Kalau mereka kuliah di perguruan tinggi tatap muka, tidak mungkin karena mereka terkendala geografis. UT yang dapat menjawab tantangan seperti itu,” jelasnya.

Rektor UT menyampaikan, UT sudah sangat tepat menjadi mitra pemerintah dalam memberikan akses ke perguruan tinggi bagi semua warga negara.

“Hanya UT yang dapat mengakselerasi program pemerintah dalam meningkatkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi (APK PT),” tegas Prof. Ojat.

Baca juga: Hasilkan Alumni Produktif, Kartu Prakerja Buktikan Manfaatnya

 

Rektor UT berharap, ke depan UT semakin dicintai dan menjadi pilihan bagi seluruh warga masyarakat dalam rangka melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.

"Semoga UT menjadi instrumen strategis pemerintah dalam membangun kualitas SDM yang berdaya saing menuju Indonesia Emas," pungkas Prof. Ojat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com