Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Ingin Liburan Akhir Tahun? Ini 5 Destinasi Anti Mainstream

Kompas.com - 16/12/2022, 16:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebentar lagi sudah memasuki akhir Desember. Maka, sudah saatnya liburan akhir tahun. Apalagi bagi para mahasiswa yang ingin berlibur di akhir tahun.

Ada banyak destinasi wisata menarik, keren-keren dan anti mainstream di Indonesia untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya seperti dilansir dari laman Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, ini pilihan destinasi wisatanya.

Tentu, destinasi wisata ini juga bisa dikunjungi semua kalangan yang ingin menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga.

Baca juga: Libur Sekolah, Yuk Kunjungi 3 Museum Baru Ini

Liburan akhir tahun di 5 destinasi wisata

1. Desa Wae Rebo

Ingin menikmati suasana desa asri dengan pemandangan luar biasa, maka bisa ke Desa Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Desa ini juga kerap disebut sebagai “Negeri di Atas Awan dari Timur Indonesia”. Sebab, pemandangan alam di sekitar Wae Rebo sangat asri dengan udara yang begitu sejuk dan segar.

Setiap pagi dan sore, desa ini diselimuti kabut yang membuat pemandangan desa menjadi sangat luar biasa.

Di tempat itu, kamu bisa melihat kumpulan rumah khas berbentuk kerucut yang disebut Mbaru Niang. Selain itu, kamu dan wisatawan lain juga bisa menginap secara komunal di rumah khas tersebut.

2. Pantai Pulau Merah

Bagi yang suka dengan pantai, maka bisa berwisata di Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Jawa Timur. Tentu daya tariknya adalah panorama matahari terbenam berwarna merah.

Pulau Merah sendiri memiliki lanskap tanah berwarna merah bata dan terletak sekitar 50–100 meter dekat bibir pantai.

Tak hanya itu saja, di bulan Desember-Januari termasuk waktu terbaik bagi wisatawan untuk melihat matahari terbenam berwarna merah di Pantai Pulau Merah.

Baca juga: Musim Liburan, Pakar: Taati Informasi Mitigasi Bencana di Tempat Wisata

Selain itu, kamu juga bisa berselancar di pantai ini dan camping di area yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

3. Bukit Tanarara

Di Bukit Tanarara, kamu akan disuguhi dengan hamparan savana yang sangat luas dan bisa berubah warna sesuai perubahan musim.

Tentu, kamu bisa duduk sejenak untuk menyaksikan perpaduan bukit-bukit yang membentuk pola kesatuan yang sangat indah. Karena letaknya juga di ketinggian, kamu bisa menikmati proses matahari terbit dan terbenam.

Karena lokasinya tidak terlalu ramai, maka tempat ini cocok bagi yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan pada liburan akhir tahun ini.

4. Desa Pinggan

Bosan dengan pantai yang ada di Bali, maka kamu bisa mencoba untuk liburan akhir tahun di Desa Pinggan Kintamani.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com