Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rektor PTN Dapat Penghargaan Academic Leader Anugerah Diktiristek

Kompas.com - 17/12/2022, 07:57 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) mengumumkan Academic Leader atau rektor terbaik. Ada 3 rektor yang diberi penghargaan melalui Anugerah Diktiristek 2022.

Ketiganya menerima Anugerah Sumber Daya Ristekdikti untuk kategori Academic Leaders.

Kategori tersebut merupakan bentuk apresiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kepada rektor dan dosen yang telah konsisten berkarya dan berinovasi bagi kemajuan pembangunan nasional.

Ketiga rektor ini, merupakan rektor dari Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) dan Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN Satker).

Baca juga: 21 PTN Punya Kuota Seleksi Mandiri sampai 50 Persen, Cek Mana Saja

Anugerah Diktiristek yang diberikan ke Perguruan Tinggi sebagai bentuk komitmen mengapresiasi pemangku kepentingan dalam upaya membangun SDM unggul.

Penghargaan ini secara konsisten diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada kampus melalui serangkaian tahapan seleksi penjurian, penarikan data mengukur kinerja PT, LLDikti, mitra kemitraan Lembaga dunia usaha dan dunia industri.

Rektor terbaik 2022

Untuk ketiga rektor terbaik ini, mendapatkan penghargaan berdasarkan Anugerah Sumber Daya kategori Academic Leaders. Diantaranya sebagai berikut ini:

1. Rektor PTN-BH

  • Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Prof. Arif Satria

2. Rektor PTN BLU

  • Rektor Universitas Sriewijaya, Prof. Anis Saggaf

3. Rektor PTN Satker

  • Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti.

Rektor IPB University, Prof. Arif menyatakan rasa syukurnya. "Alhamdulillah, hingga hari ini saya masih diberikan kesempatan untuk berkontribusi dan berbagi. Semoga sedikit kontribusi ini dapat berpengaruh terhadap upaya memajukan masyarakat dan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Terima kasih atas support dan kekompakan seluruh Civitas Akademika IPB serta para alumni," ungkapnya, dilansir dari rilis yang ada.

Baca juga: 5 PTN dengan Biaya Kuliah Termurah, Referensi SNPMB 2023

Terpilihnya Prof. Arif Satria untuk menerima penghargaan ini karena kiprah kepemimpinannya di perguruan tinggi. Prof. Arif Satria menjabat sebagai Rektor IPB University sejak tahun 2017.

Kiprahnya sebagai Rektor telah memberikan banyak inspirasi bagi banyak orang.

Dikenal sebagai pemimpin muda yang inspiratif, ia banyak didaulat sebagai pembicara di berbagai ajang seminar, diskusi dan kegiatan ilmiah lainnya, berbagi perspektif dan pengalaman kepemimpinan sehingga tak heran, kondisi ini mengantarkannya sebagai sosok yang sangat popular baik di kalangan akademisi maupun kalangan masyarakat umum di tanah air.

Tak hanya dikenal di dunia kampus, Prof. Arif juga dikenal luas di kalangan masyarakat umum, mulai dunia profesi hingga politisi. Kapasitas kecendekiaannya juga menjadikan dirinya dinobatkan sebagai Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) periode 2021-2026.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com