Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 12:40 WIB

 

KOMPAS.com - Siswa SMA, SMK, atau MA serta Paket C dapat memilih jurusan kuliah D3 atau Diploma III pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Namun sebelum seleksi dimulai, ketahui dulu jurusan D3 apa saja yang memiliki prospek kerja paling menjanjikan dan bergaji tinggi di masa depan.

Jurusan D3 ini bisa dipilih baik melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang dulunya adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Atau Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) yang dulunya bernama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Baca juga: Contoh Soal UTBK SNBT 2023, Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Dilansir dari laman Ma'soem University, jurusan D3 ini tak cuma bergaji tinggi saja namun memiliki prospek kerja yang tidak kalah luas dengan lulusan S1 karena lulusannya dibutuhkan.

Berikut 7 jurusan D3 yang prospek kerjanya cerah dan berpotensi gaji tinggi:

1. Teknik telekomunikasi

Jurusan D3 ini cocok untuk siswa pilih di SNBP maupun UTBK SNBP 2023. Selain mudah dapat kerja, jurusan ini mempelajari tentang penggunaan teknologi komunikasi seperti komputer, tv, radio, smartphone, dan sebagainya.

Lulusan teknik telekomunikasi dibutuhkan banyak perusahaan dalam dan luar negeri . Sebab pengetahuan akan pemberian sinyal, transmisi data, jaringan software komputer, dan teori tentang komunikasi inilah yang menghasilkan gaji tinggi.

2. Akuntansi

Jurusan akuntansi merupakan jurusan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga pemerintah. Untuk bisa bergaji tinggi, nantinya kamu harus menyusun laporan keuangan yang hasilnya akan diberikan ke pihak manajemen sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan keputusan.

Dengan mengambil jurusan ini di SNPMB 2023 siswa atau calon mahasiswa bisa memulai kariermu sebagai tenaga akuntansi untuk perusahaan swasta atau BUMN, konsultan akuntansi, manajemen, dan analisis kredit.

Baca juga: Apa Itu Siswa Eligible di SNBP 2023? Ini Kriterianya

3. Perpajakan

Perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang bisa mengatasi masalah perpajakan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+