Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 20:53 WIB
|

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang berencana memilih Jurusan Teknik Mesin juga perlu mengetahui prospek kerjanya setelah lulus.

Jurusan kuliah Teknik Mesin termasuk salah satu jurusan favorit di kelompok Saintek. Calon mahasiswa perlu tahu bahwa memilih Jurusan Teknik Mesin tidak melulu mempelajari tentang mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya.

Mahasiswa Teknik Mesin juga belajar hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material.

Apabila kamu termasuk siswa yang suka mesin dan hal-hal yang berkaitan dengan teknik, Jurusan Teknik Mesin bisa dipertimbangkan untuk mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Baca juga: Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjikan dan Rekomendasi Kampus

Prospek kerja Jurusan Teknik Mesin

Melansir laman Universitas Bandar Lampung, Minggu (4/12/2022) ada prospek kerja Teknik Mesin yang belum banyak diketahui calon mahasiswa.

Jurusan Teknik Mesin punya beberapa keunggulan. Lulusannya dibutuhkan oleh berbagai macam industri.

Calon mahasiswa yang ingin masuk jurusan ini, harus menyenangi matematika serta fisika, karena dalam perkuliahan keduanya akan sangat banyak dipelajari. Berikut 10 prospek kerja Jurusan Teknik Mesin yang perlu diketahui para calon mahasiswa.

1. Bekerja pada industri otomotif

Salah satu prospek kerja lulusan Teknik Mesin adalah bekerja pada industri otomotif. Semua ilmu yang diperoleh semasa kuliah akan sangat membantumu saat merintis karier di bidang ini.

Baca juga: Jurusan Kuliah Seni Tari, Prospek Kerja dan Kisaran Gajinya

2. Bekerja bagian konversi energi

Prospek kerja Jurusan Teknik Mesin yang lainnya adalah bekerja di bagian konversi energi pada sebuah perusahaan. Kamu memiliki tanggung jawab untuk merancang sebuah mesin yang nantinya bisa mengubah bentuk energi satu ke energi yang lain.

3. Bekerja di industri bioteknologi

Lulusan teknik mesin yang memilih pekerjaan ini memiliki peran membuat alat yang sekiranya cocok dengan apa yang dibutuhkan bidang teknologi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+