Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Prospek Kerja dan Kisaran Gaji Lulusan Jurusan Bahasa Asing

Kompas.com - 03/09/2022, 15:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa yang memilih jurusan bahasa asing atau menguasai bahasa asing memiliki nilai plus, terlebih di era globalisasi seperti sekarang.

Bahkan bisa dikatakan lulusan jurusan bahasa asing akan memiliki prospek kerja dan gaji yang cukup tinggi.

Mahasiswa lulusan jurusan bahasa asing tidak hanya bisa bekerja sebagai penerjemah saja. Tapi masih banyak profesi lain yang bisa dipilih.

Melansir dari Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA, lulusan jurusan bahasa asing bisa saja mendapatkan nominal gaji cukup tinggi. Karena alasan ini pula, banyak siswa yang memilih jurusan bahasa asing untuk melanjutkan pendidikannya.

Baca juga: Beasiswa S2 Stanford University 2023, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Prospek kerja dan kisaran gaji lulusan jurusan bahasa asing

Kalau kamu penasaran berapa kisaran gaji profesi yang bisa ditekuni mahasiswa lulusan jurusan bahasa asing, yuk simak bersama informasi berikut ini:

1. Penulis

Salah satu prospek kerja lulusan jurusan bahasa asing yakni bisa menjadi penulis. Di berbagai bidang pekerjaan biasanya membutuhkan seorang penulis profesional.

Karier ini bisa melibatkan penulisan riset, ide, fakta, kreatif, atau hal lainnya yang tujuannya untuk mengedukasi, atau bahkan memasarkan sesuatu. Menariknya lagi, penulis bisa mengambil pekerjaan paruh waktu atau freelance yang bisa dikerjakan di mana dan kapan saja.

Untuk kisaran gaji menjadi seorang penulis, biasanya akan disesuaikan dengan tingkat kesulitan topik penulisan dan pengalaman bekerja. Umumnya, seorang penulis bisa mendapatkan pendapatkan per bulan sekitar Rp 5 juta hingga Rp 8 juta untuk tingkat pemula.

Baca juga: Tips Jawab Besaran Gaji yang Diinginkan Saat Wawancara Kerja

2. Jurnalis

Bagi kamu yang juga belajar bahasa asing sekaligus memiliki jiwa petualang, profesi sebagai jurnalis bisa menjadi pilihan. Bekerja menjadi seorang jurnalis juga perlu memiliki keterampilan menulis.

Selain skill menulis, seorang jurnalis juga harus punya keterampilan dalam berbicara, berpikir kritis, dan beradaptasi cepat dengan lingkungan.

Gaji yang ditawarkan sebagi jurnalis junior biasanya berkisar antara Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Angka ini tentunya bisa terus meningkat seiring bertambahnya pengalaman di lapangan.

3. Penerjemah

Profesi yang banyak ditekuni lulusan jurusan bahasa asing yakni sebagai penerjemah. Profesi sebagai penerjemah banyak dicari perusahaan untuk menerjemahkan banyak hal.  Mulai dari surat kabar, komik, hingga film, agar lebih dimengerti oleh pembaca.

Seorang translator biasanya akan mendapatkan gaji bulanan sekitar Rp 5 juta sampai Rp 10 juta untuk level pemula.

4. Pemandu wisata

Pemandu wisata atau tour guide menjadi salah satu lapangan pekerjaan yang banyak diminati lulusan jurusan bahasa asing.

Pekerjaan ini bisa dilakukan di negara asalnya, maupun negara dengan bahasa yang dikuasai. Gaji yang bisa diperoleh jika menekuni profesi pemandu wisata dengan status freelancer bisa mendapatkan pendapatan rata-rata Rp 350.000 per jam. 

Baca juga: Kisah Alumnus UNS, Dulu Sopir Kini Jadi CEO Kebab Turki Baba Rafi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com