Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 10:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada beragam pilihan beasiswa ke luar negeri untuk jenjang S1, S2, dan S3 masih tersedia untuk tahun ajaran 2023. Beberapa negara memberikan kesempatan beasiswa bagi pelajar internasional dengan manfaat yang berbeda-beda, tergantung program beasiswa yang dipilih.

Bagi kamu yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, beragam peluang beasiswa ini patut untuk kamu coba.

Baca juga: 4 Beasiswa S2-S3 Luar Negeri dengan Uang Saku Rp 300 Juta Per Tahun

Berikut ini 16 jenis beasiswa dari jenjang S1, S2, dan S3 yang bisa kamu daftar di bulan Desember 2022 hingga Januari 2023, merangkum akun Instagram Kursus Bahasa Inggris untuk Study Abroad @titiknolenglish:

1. Gates Cambridge Scholarship

Bill and Melinda Gates Foundation memberikan kesempatan kuliah bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia untuk menimba ilmu di universitas ternama di Inggris yakni Universitas Cambridge.

Beasiswa ini tersedia untuk jenjang S2 dan S3 yang mencakup biaya kuliah penuh, tunjangan pendidikan, biaya pengembangan akademik, tunjangan keluarga, tunjangan kerja lapangan, biaya tidak terduga, tiket pesawat, biaya visa, dan tunjangan lainnya.

Baca juga: 6 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL atau IELTS

Batas pendaftaran sebelum 1 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.gatescambridge.org/

2. Singapore International Graduate Award (SINGA)

Program Singapore International Graduate Award (SINGA) memberikan kesempatan beasiswa kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S3 di Singapura. Beasiswa SINGA merupakan hasil kolaborasi sejumlah lembaga dan universitas di Singapura, seperti Agency for Science, Technology & Research (A*STAR), Universitas Nanyang Technological University (NTU), Universitas National University of Singapore (NUS), dan Universitas Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Pelamar yang lulus beasiswa ini akan diberikan manfaat berupa biaya pendidikan penuh, biaya hidup, tunjangan pertama kali tiba di Singapura, dan biaya tiket pesawat.

Batas pendaftaran sebelum 1 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.a-star.edu.sg/Scholarships/for-graduate-studies/singapore-international-graduate-award-singa

3. Hongkong PhD Fellowship Scheme (HKPFS)

Beasiswa ini dibentuk oleh Research Grants Council (RGC) Hongkong pada 2009 yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa berprestasi dan memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih PhD atau S3 di beberapa perguruan tinggi di Hongkong, tahun ajaran 2023/2024.

Penerima beasiswa akan diberikan manfaat berupa pembebasan uang kuliah, tunjangan perjalanan penelitian, dan tunjangan lainnya.

Baca juga: 6 Beasiswa S1, S2, S3 ke Luar Negeri Tanpa LoA Unconditional

Batas pendaftaran sebelum 1 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.gs.cuhk.edu.hk/admissions/scholarships-fees/hkpfs

4. MEXT Graduate of School of International Development (GSID) – Nagoya University

Beasiswa ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MEXT) Jepang, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk menimba ilmu jenjang S2 di Universitas Nagoya.

Manfaat yang diberikan berupa pembebasan uang kuliah secara penuh dan tidak akan memungut biaya pendaftaran penerimaan.

Batas pendaftaran sebelum 2 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://en.nagoya-u.ac.jp/admissions/graduate_students/index.html

5. Erasmus Mundus Human Right Policy and Practice (EMHRPP)

Program beasiswa Erasmus ini memberikan kesempatan bagi pelajar internasional untuk menimba pendidikan tinggi di negara Uni Eropa. Beasiswa ini khusus untuk jenjang S2 yang fokus dalam mempelajari hak asasi manusia dari perspektif multidisiplin di empat negara berbeda. Penerima beasiswa akan menerima manfaat berupa pembebasa uang kuliah secara penuh, tunjangan hidup, tunjangan transportasi, dan asuransi kesehatan.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Siswa Bisa Gagal di SNBT, Segera Catat!

Program penuh waktu ini diselenggarakan oleh konsorsium empat universitas mitra dan diajarkan dalam bahasa Inggris yakni The University of Gothenburg, Sweden (lead partner), The University of Deusto, Bilbao/San Sebastian, Spain, Roehampton University, London, UK, dan The Arctic University of Norway (UIT), Tromsø, Norwa.

Batas pendaftaran sebelum 1 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.emhrpp.com/

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com