Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jalur Masuk Universitas Airlangga 2023, Calon Mahasiswa Cek

Kompas.com - 28/11/2022, 16:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) menggelar sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023 terkait mekanisme seleksi mahasiswa baru yang akan dilakukan di tahun 2023.

Hal ini dilakukan seiring dengan skema terbaru Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang belum lama ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi).

Baca juga: Cek Jadwal Seleksi Masuk PTN: SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri 2023

3 jalur masuk Unair 2023

Berlangsung di Airlangga Sharia’ and Entrepreneurship Education Center (ASEEC) Tower pekan lalu, Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih menyampaikan tiga jalur masuk Unair 2023 dan kuota:

1. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP)

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Mekanisme baru ini akan menggunakan nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran.

Komponen pertama dihitung dari rerata nilai rapor seluruh mata pelajaran, dengan bobot minimal 50 persen.

Sedangkan komponen kedua akan digunakan dengan bobot maksimal 50 persen, pada dua nilai mata pelajaran pendukung untuk program studi (prodi) yang dipilih.

Prof Nasih mengatakan bahwa setiap universitas diberikan kewenangan mengatur kepastian bobot SNBP dengan mengacu pada aturan minimal dan maksimal yang telah ditetapkan.

Baca juga: Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN 2023, Pengganti Tes Mata Pelajaran

2. Seleksi Nasional Berdasar Tes (SNBT)

Sedangkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang kini berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berdasar Tes (SNBT) hanya akan menguji Tes Potensi Skolastik (TPS), tanpa menggunakan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

“Melalui ketentuan ini, maka persaingan dari para peserta akan menjadi lebih fleksibel karena tidak terpaku pada asal rumpun ilmu tertentu,” sebut Prof Nasih.

3. Jalur Mandiri

Dengan ketentuan tersebut, maka di tahun mendatang, lanjut Prof Nasih, Unair berencana akan melakukan uji TKA pada seleksi jalur mandiri.

“Insya Allah juga akan melibatkan nilai TPS yang telah didapatkan pada SNBT,” ucapnya.

Baca juga: Try Out UTBK Skema Baru: 90 Persen Siswa Dapat Skor Rendah

Kuota mahasiswa baru 2023

Berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), Unair akan membuka jalur masuk mahasiswa dengan proporsi minimal 20 persen pada jalur SNBP, minimal 30 persen pada SNBT, serta maksimal 50 persen pada jalur mandiri.

“Untuk menjaga berkualitas, Unair berkomitmen dalam memberikan bonus atau filter tertentu bagi peserta yang memilih jalur linier yakni memiliki relevansi masa studi di SMA, dengan prodi yang dituju,” ungkap Prof Nasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com