Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Try Out UTBK Skema Baru: 90 Persen Siswa Dapat Skor Rendah

Kompas.com - 06/10/2022, 10:34 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Di tahun 2023, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) resmi diganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sesuai dengan Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana Perguruan Tinggi.

Perubahan terbesar pada UTBK skema baru adalah dihapusnya tes kemampuan akademik (TKA) dan hanya menyisakan tes potensi skolastik (TPS).

TPS yang akan mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, serta literasi Berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris siswa.

Baca juga: Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN 2023, Pengganti Tes Mata Pelajaran

Sebagai platform edukasi yang selalu menekankan pada pemahaman konsep dan latihan soal yang konsisten, Zenius menggelar try out (TO) UTBK skema baru yang dilakukan dua minggu sekali.

Hal ini dilakukan agar siswa terbiasa menghadapi soal-soal yang ada pada SNBT 2023.

Skor masih di bawah 500

Pada TO SNBT terbaru yang digelar oleh Zenius dan New Primagama pada 17-25 September 2022 lalu, terdapat 17.043 siswa yang mendaftar, mulai dari Aceh, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Hasilnya, 93,7 persen atau hampir 16 ribu siswa tidak mencapai kompetensi minimum.

Sementara, hanya 6,3 persen atau seribu siswa yang mencapai kompetensi minimum.

Kompetensi minimum pada TO SNBT UTBK di Zenius berada pada angka 500 dari nilai maksimum 1.000.

Baca juga: Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023, Siap-siap

Skor ini ditetapkan berdasarkan skor rata-rata UTBK tahun lalu, di mana untuk kelompok Saintek memiliki skor rata-rata sebesar 665,86, sementara Soshum memiliki skor rata-rata 690,02.

Skor yang ditetapkan oleh Zenius pada TO SNBT UTBK kali ini jauh dari rata-rata skor UTBK tahun lalu, karena meski kompetensi minimum dari tiap fakultas/kampus berbeda-beda, tapi sangat kecil kemungkinan untuk lolos UTBK jika nilai siswa di bawah 500.

Founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS mengatakan bahwa jumlah ini menunjukkan hasil yang mengejutkan.

SNBT UTBK yang banyak dianggap akan lebih mudah untuk dikerjakan, ternyata berbanding terbalik dengan hasil yang ada di lapangan.

Ia menilai, TPS memang memiliki tantangan tersendiri karena siswa dituntut untuk bernalar dan menerapkan konsep yang mereka pelajari dalam mengerjakan soal.

"Hal ini menunjukkan pentingnya mempersiapkan siswa agar memahami konsep dan tidak hanya menghafal, agar dapat siap menghadapi UTBK di tahun depan," ujarnya dalam keterangan tertulis Zenius.

Baca juga: SBMPTN Jadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes, Ini Aturan Barunya

Untuk membiasakan siswa dalam mendalami materi-materi soal potensi skolastik, Zenius akan kembali menggelar try out serupa pada tanggal 3-9 Oktober 2022.

Try out bebas biaya ini bisa diakses oleh seluruh siswa kelas 12 dan gap year selama periode try out berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com