Kompas.com - 06/10/2022, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Di tahun 2023, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) resmi diganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sesuai dengan Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana Perguruan Tinggi.

Perubahan terbesar pada UTBK skema baru adalah dihapusnya tes kemampuan akademik (TKA) dan hanya menyisakan tes potensi skolastik (TPS).

TPS yang akan mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, serta literasi Berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris siswa.

Baca juga: Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN 2023, Pengganti Tes Mata Pelajaran

Sebagai platform edukasi yang selalu menekankan pada pemahaman konsep dan latihan soal yang konsisten, Zenius menggelar try out (TO) UTBK skema baru yang dilakukan dua minggu sekali.

Hal ini dilakukan agar siswa terbiasa menghadapi soal-soal yang ada pada SNBT 2023.

Skor masih di bawah 500

Pada TO SNBT terbaru yang digelar oleh Zenius dan New Primagama pada 17-25 September 2022 lalu, terdapat 17.043 siswa yang mendaftar, mulai dari Aceh, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Hasilnya, 93,7 persen atau hampir 16 ribu siswa tidak mencapai kompetensi minimum.

Sementara, hanya 6,3 persen atau seribu siswa yang mencapai kompetensi minimum.

Kompetensi minimum pada TO SNBT UTBK di Zenius berada pada angka 500 dari nilai maksimum 1.000.

Baca juga: Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023, Siap-siap

Skor ini ditetapkan berdasarkan skor rata-rata UTBK tahun lalu, di mana untuk kelompok Saintek memiliki skor rata-rata sebesar 665,86, sementara Soshum memiliki skor rata-rata 690,02.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.