Kompas.com - 06/10/2022, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah memastikan program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) akan tersedia di 2023. Rencananya, beasiswa LPDP akan dibuka untuk 3.256 mahasiswa pada tahun depan.

"Untuk LPDP diharapkan ada pemberian beasiswa baru kepada 3.256 mahasiswa (di 2023). Sementara untuk 7.047 mahasiswa yang sudah menerima (beasiswa LPDP) saat ini dapat kami pertahankan kontinuitas beasiswanya," ujar Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata dalam rapat panja dengan Badan Anggaran DPR RI terkait belanja pemerintah pusat pada Selasa (20/9/2022).

LPDP memiliki ragam jenis beasiswa yang menawarkan pembiayaan penuh hingga tunjangan hidup, seperti pada Beasiswa Umum yang terdiri dari Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) dan Beasiswa Reguler.

Baca juga: Kisah Penyandang Disabilitas Awardee LPDP Jadi Lulusan S2 Tercepat

Melansir dari situs resmi LPDP, seleksi Beasiswa Tahap 1 diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat bulan Agustus 2022. Sementara seleksi Beasiswa Tahap 2 diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat bulan Januari 2023.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar, bisa langsung melihat persyaratan, salah satunya sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Jenis-jenis sertifikat kemampuan bahasa Inggris

Salah satu persyaratan khusus adalah menyertakan sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Sertifikat yang diunggah hanyalah yang masih berlaku dan diterbitkan oleh salah satu dari lembaga tes berikut:

1. Educational Testing Service (ETS)

ETS merupakan organisasi pengujian dan pengukuran pendidikan swasta yang memiliki beragam produk. Dua di antaranya yang terkenal ialah Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dan Test of English for International Communication (TOEIC).

Baca juga: 8 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Melansir dari situs Gramedia, TOEFL merupakan ujian kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara bagian Amerika Utara. Seperti untuk beasiswa LPDP ini.

Sementara TOEIC, merupakan tes Bahasa Inggris untuk komunikasi internasional dengan mengukur kemampuan mendengar dan membaca pada level intermediate dan advance. Umumnya diperuntukkan untuk pekerjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.