Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 16 Beasiswa S1-S3 2023, Tawarkan Kuliah Gratis dan Uang Saku

KOMPAS.com – Ada beragam pilihan beasiswa ke luar negeri untuk jenjang S1, S2, dan S3 masih tersedia untuk tahun ajaran 2023. Beberapa negara memberikan kesempatan beasiswa bagi pelajar internasional dengan manfaat yang berbeda-beda, tergantung program beasiswa yang dipilih.

Bagi kamu yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, beragam peluang beasiswa ini patut untuk kamu coba.

Berikut ini 16 jenis beasiswa dari jenjang S1, S2, dan S3 yang bisa kamu daftar di bulan Desember 2022 hingga Januari 2023, merangkum akun Instagram Kursus Bahasa Inggris untuk Study Abroad @titiknolenglish:

1. Gates Cambridge Scholarship

Bill and Melinda Gates Foundation memberikan kesempatan kuliah bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia untuk menimba ilmu di universitas ternama di Inggris yakni Universitas Cambridge.

Beasiswa ini tersedia untuk jenjang S2 dan S3 yang mencakup biaya kuliah penuh, tunjangan pendidikan, biaya pengembangan akademik, tunjangan keluarga, tunjangan kerja lapangan, biaya tidak terduga, tiket pesawat, biaya visa, dan tunjangan lainnya.

Batas pendaftaran sebelum 1 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.gatescambridge.org/

2. Singapore International Graduate Award (SINGA)

Program Singapore International Graduate Award (SINGA) memberikan kesempatan beasiswa kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S3 di Singapura. Beasiswa SINGA merupakan hasil kolaborasi sejumlah lembaga dan universitas di Singapura, seperti Agency for Science, Technology & Research (A*STAR), Universitas Nanyang Technological University (NTU), Universitas National University of Singapore (NUS), dan Universitas Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Pelamar yang lulus beasiswa ini akan diberikan manfaat berupa biaya pendidikan penuh, biaya hidup, tunjangan pertama kali tiba di Singapura, dan biaya tiket pesawat.

Batas pendaftaran sebelum 1 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.a-star.edu.sg/Scholarships/for-graduate-studies/singapore-international-graduate-award-singa

3. Hongkong PhD Fellowship Scheme (HKPFS)

Beasiswa ini dibentuk oleh Research Grants Council (RGC) Hongkong pada 2009 yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa berprestasi dan memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih PhD atau S3 di beberapa perguruan tinggi di Hongkong, tahun ajaran 2023/2024.

Penerima beasiswa akan diberikan manfaat berupa pembebasan uang kuliah, tunjangan perjalanan penelitian, dan tunjangan lainnya.

Batas pendaftaran sebelum 1 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.gs.cuhk.edu.hk/admissions/scholarships-fees/hkpfs

4. MEXT Graduate of School of International Development (GSID) – Nagoya University

Beasiswa ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MEXT) Jepang, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk menimba ilmu jenjang S2 di Universitas Nagoya.

Manfaat yang diberikan berupa pembebasan uang kuliah secara penuh dan tidak akan memungut biaya pendaftaran penerimaan.

Batas pendaftaran sebelum 2 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://en.nagoya-u.ac.jp/admissions/graduate_students/index.html

5. Erasmus Mundus Human Right Policy and Practice (EMHRPP)

Program beasiswa Erasmus ini memberikan kesempatan bagi pelajar internasional untuk menimba pendidikan tinggi di negara Uni Eropa. Beasiswa ini khusus untuk jenjang S2 yang fokus dalam mempelajari hak asasi manusia dari perspektif multidisiplin di empat negara berbeda. Penerima beasiswa akan menerima manfaat berupa pembebasa uang kuliah secara penuh, tunjangan hidup, tunjangan transportasi, dan asuransi kesehatan.

Program penuh waktu ini diselenggarakan oleh konsorsium empat universitas mitra dan diajarkan dalam bahasa Inggris yakni The University of Gothenburg, Sweden (lead partner), The University of Deusto, Bilbao/San Sebastian, Spain, Roehampton University, London, UK, dan The Arctic University of Norway (UIT), Tromsø, Norwa.

Batas pendaftaran sebelum 1 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.emhrpp.com/

6. Swiss Government Excellence Scholarship

Pemerintah Swiss membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia melalui Swiss Government Excellence Scholarships. Penerima beasiswa akan menempuh pendidikan di universitas yang ada di Swiss untuk jenjang S2, S3, dan riset untuk tahun ajaran 2023/2024.

Manfaat beasiswa mencakup biaya pendidikan, tunjangan bulanan, asuransi pendidikan, tunjangan perumahan, dan tiket pesawat.

Batas pendaftaran sebelum 9 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.sbfi.admin.ch/sbfi/en/home/education/scholarships-and-grants/swiss-government-excellence-scholarships.html

7. Russian Government Scholarship

Pemerintah Rusia memberikan kesempatan beasiswa kepada mahasiswa asing untuk menjalani kuliah jenjang S1-S3 di universitas Rusia.

Cakupan beasiswa yang diberikan berupa biaya kuliah penuh, tunjangan akomodasi, dan tunjangan lainnya.

Batas pendaftaran sebelum 10 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://studyinrussia.ru/en/actual/scholarships/

8. EPFL Master Excellence Fellowship

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi secara akademik untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 di Universitas Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL). Kampus yang terletak di Swiss ini menyediakan 13 program studi sarjana dan pascasarjana yang mencakup bidang seperti Ilmu Dasar, Teknik, Ilmu Kehidupan, Arsitektur, Konstruksi, dan Lingkungan.

Penerima beasiswa akan diberikan manfaat berupa pembebasan uang kuliah secara penuh, akomodasi, dan tunjangan lainnya.

Batas pendaftaran sebelum 15 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.epfl.ch/education/master/master-excellence-fellowships/

9. DAAD EPOS Agricultural Economic (AgEcon)

Beasiswa Dinas Pertukaran Akademin Jerman (DAAD) ini membuka beasiswa bagi pelajar asing untuk menimba ilmu jenjang S2 dalam bidang Ekonomi dan Pertanian.

Penerima beasiswa DAAD EPOS akan dibebaskan dari biaya kuliah selama dua tahun selama menjalani program Magister Ekonomi Pertanian, dan mereka akan menerima asuransi kesehatan, tunjangan hidup bulanan, biaya perjalanan ke Jerman dan kembali serta untuk penelitian.

Batas pendaftaran sebelum 15 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.daad.id/en/find-funding/daad-scholarships-for-indonesia/

10. DAAD EPOS Lanscape Ecology and Nature Conservation (LENC)

Beasiswa Dinas Pertukaran Akademin Jerman (DAAD) ini membuka beasiswa bagi pelajar asing untuk menimba ilmu jenjang S2 dalam bidang Ekologi dan Penelitian tentang Alam. Oleh karena itu, program studinya mencakup ilmu alam (lingkungan dan ekologi), dilengkapi dengan konten dari bidang humaniora dan ekonomi, khususnya melalui integrasi ekonomi lanskap dan etika lingkungan.

Penerima beasiswa DAAD EPOS akan dibebaskan dari biaya kuliah selama dua tahun selama menjalani pendidikan, tunjangan asuransi kesehatan, tunjangan hidup bulanan, biaya perjalanan ke Jerman dan kembali serta untuk penelitian.

Batas pendaftaran sebelum 15 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.daad.org.za/en/2021/12/02/m-sc-landscape-ecology-and-nature-conservation/

11. DAAD EPOS Global Health Risk Management and Hygiene Policies

Beasiswa Dinas Pertukaran Akademin Jerman (DAAD) ini membuka beasiswa bagi pelajar asing untuk menimba ilmu jenjang S2 dalam bidang Manajemen Risiko Kesehatan Global dan Kebijakan Kebersihan.

Penerima beasiswa DAAD EPOS akan dibebaskan dari biaya kuliah selama dua tahun dalam menjalani pendidikan, tunjangan asuransi kesehatan, tunjangan hidup bulanan, biaya perjalanan ke Jerman dan kembali serta untuk penelitian.

Batas pendaftaran sebelum 15 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://master-globalhealth.de/scholarships/

12. ASEAN Undergraduate Scholarship – Nanyang Technology University (NTU)

ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS) adalah beasiswa yang ditawarkan untuk mendukung siswa berprestasi dari negara-negara anggota ASEAN (tidak termasuk Singapura), untuk menimba ilmu di negara NTU jenjang S1. Biaya kuliah atau cakupan beasiswa yang ditawarkan seperti biaya kuliah penuh, tunjangan hidup,tunjangan akomodasi, dan tunjangan komputer.

Batas pendaftaran sebelum 15 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.ntu.edu.sg/admissions/undergraduate/scholarships/asean-scholarship

13. Chinesse Government Scholarship (CGS)

Pemerintah Cina memberikan kesempatan kepada mahasiswa internasional dengan program beasiswa CGS untuk jenjang S1-S3. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari beasiswa ini yakni biaya kuliah, tempat tinggal, asuransi kesehatan, biaya buku dan penelitian, serta uang saku yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Batas pendaftaran sebelum 31 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.chinesescholarshipcouncil.com/

14. Swedish Instutute Scholarship for Global Profesionals

Beasiswa ini didanai oleh Kementerian Luar Negeri Swedia dengan memilih 350 penerima beasiswa dari 41 negara, termasuk Indonesia. Mereka akan mengikuti pendidikan tinggi jenjang S2 di universitas yang ada di Swedia.

Manfaat beasiswa yang akan diberikan biaya kuliah penuh, tunjangan hidup bulanan, asuransi kesehatan dan kecelakaan, tiket perjalanan satu kali, membership Network dengan peluang Network sesama alumni dan mengembangkan karier.

Batas pendaftaran sebelum 16 Januari 2023

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-scholarships-for-global-professionals/

15. Stipendium Hungaricum Scholarship

Pemerintah Hungaria memberikan beasiswa dengan nama Stipendium Hungaricum Scholarship Programme kepada mahasiswa Internasional di berbagai negara, termasuk Indonesia untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1-S3 dan program non-gelar di tahun 2023.

Penerima beasiswa akan menjalani kuliah di Hungaria. Cakupan beasiswa yang akan mereka terima yakni biaya kuliah penuh, tunjangan hidup, tunjangan akomodasi, dan asuransi kesehatan.

Pendaftaran dibuka pada 16 November 2022 hingga 16 Januari 2023.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://stipendiumhungaricum.hu/apply/

16. Eiffel Scholarship Program of Excellence

Pemerintah Prancis melalui Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis membuka program beasiswa Eiffel Excellence bagi mahasiswa S2 dan S3 kepada mahasiswa asing, termasuk Indonesia. Penerima beasiswa akan menerima manfaat berupa biaya kuliah penuh, tunjangan bulanan, tiket pesawat pulang dan pergi, asuransi kesehatan, biaya kegiatan budaya, dan tunjangan lainnya.

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 10 Januari 2023

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di laman https://www.campusfrance.org/en/eiffel-scholarship-program-of-excellence

Itulah 16 beasiswa ke luar negeri yang masih tersedia bagi mahasiswa yang ingin menimba pendidikan tinggi jenjang S1-S3 di beberapa negara.

Ini dapat menjadi rekomendasi bagi kamu yang bercita-cita ingin menikmati beasiswa internasional, sehingga dapat bertemu dengan mahasiswa dari berbagai negara asing dan mengalami kekayaan keberagaman dari setiap negara.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/29/100000171/daftar-16-beasiswa-s1-s3-2023-tawarkan-kuliah-gratis-dan-uang-saku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke