Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: 6 Metode Mengajar yang Perlu Dikuasai Dosen Masa Kini

Kompas.com - 16/11/2022, 14:14 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Metode mengajar dosen masa kini dan masa lalu tentu mengalami perubahan. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini, metode mengajar dosen juga perlu memanfaatkan keberadaan teknologi tersebut.

Dosen perlu menggunakan metode mengajar yang tepat dan efektif agar materi kuliah juga dapat sampai ke mahasiswa dengan baik.

Tidak hanya selalu memberi materi, dosen juga perlu mendorong mahasiswa agar bisa mengimplementasikan teori menjadi sebuah kegiatan bermanfaat.

Melansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu (16/11/2022) ada beberapa metode mengajar dosen masa kini yang bisa digunakan dalam perkuliahan sehari-hari.

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Jarang Dilirik, Kuliah Gratis dan Ada Tunjangan Hidup

Metode mengajar dosen masa kini

1. Melibatkan isu terkini

Dosen perlu akrab dan update terhadap isu terkini agar mahasiswa kritis terhadap isu-isu yang sedang hangat dibicarakan.

Suasana kelas pun menjadi hidup karena ada diskusi terkait kasus-kasus baru untuk ditanggapi mahasiswanya.

2. Memberikan tugas berupa project

Dosen tidak hanya memberikan tugas teori saja namun bisa memberikan tugas project. Sehingga bisa menghasilkan sebuah produk untuk dihasilkan bahan belajar.

Contohnya saat belajar bisnis perdagangan elektronik (e-commerce), dosen dapat memberikan tugas project menjual produk melalui internet.

Hal ini dapat mengasah keterampilan mahasiswa dan pola pikir dalam merealisasikan ide untuk menghasilkan produk nyata.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia 2023, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Baca juga: Jangan Keliru, Ketahui 26 Istilah Kekinian Bahasa Inggris dan Artinya

3. Memanfaatkan teknologi visual

Saat ini mahasiswa dituntut untuk melek teknologi sehingga dosen juga perlu meningkatkan kemampuan mengajarnya mengikuti perkembangan teknologi.

Seperti teknologi visual berupa video pembelajaran dalam bentuk ilustrasi.

4. Melakukan observasi nyata

Metode mengajar dosen yang berikutnya adalah melakukan observasi nyata. Dosen dapat mengajak mahasiswa untuk melakukan pengamatan dan praktik terhadap materi pembelajaran seperti observasi ke lapangan.

Nantinya mahasiswa dapat membuat laporan observasi dalam bentuk karya ilmiah.

Baca juga: 10 Jurusan dengan Daya Tampung Terbanyak di UI, Referensi Ikut SNBT

5. Berorientasi pada kewirausahaan dan kreativitas

Dosen dapat menghubungkan mata kuliah dengan hal yang berkaitan dengan kewirausahaan dan kreativitas. Seperti desain grafis, content writer, content creator dan sebagainya.

Selanjutnya dosen dapat mengarahkan mahasiswa untuk membuat website atau blog pribadi untuk konsep pemasaran digital yang bisa meningkatkan jiwa kreativitas dan kewirausahaan.

6. Sistem blended learning

Selain kuliah tatap muka, dosen dapat memanfaatkan pembelajaran berbasis teknologi menggunakan media sosial, blog, website, grup, obrolan dan sebagainya. Untuk membagikan link materi atau tugas untuk mahasiswa.

Baca juga: Tips Melindungi Diri dari Kerumunan ala Dosen UM Surabaya

Demikian 6 metode mengajar dosen masa kini yang bisa diterapkan juga oleh dosen-dosen lainnya.

Dengan metode mengajar yang tepat, mahasiswa bisa menangkap materi yang disampaikan dan bisa mengembangkan dirinya secara optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com