Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagi Konten Edukasi, Para Kreator Ini Raup Jutaan Rupiah Per Bulan

Kompas.com - 16/11/2022, 12:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sejak tahun 2019, membagikan konten video telah menjadi tren baru berkat perkembangan teknologi dan meningkatnya akses di berbagai platform.

Berdasarkan laporan SignalFire, lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia menganggap diri mereka sebagai kreator.

Orang-orang tersebut dianggap sebagai penggerak ekonomi kreator, dan ini menjadi salah satu profesi yang berkembang sangat cepat hingga saat ini.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Adobe, lebih dari 50 persen motivasi utama para kreator berkreasi adalah untuk mengekspresikan diri, melakukan sesuatu yang menyenangkan, dan mengeksplorasi passion atau minat mereka.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia 2023, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Ada beberapa jenis kreator, di antaranya adalah kreator konten edukasi yang fokus pada pendidikan dan transfer ilmu pengetahuan.

Pembuat konten edukasi membantu penonton tumbuh dan berkembang dengan upskilling (meningkatkan keterampilan), reskilling (melatih kembali), dan peningkatan kompetensi.

Tidak lagi hanya mengandalkan pendidikan konvensional, para penonton ini dengan senang hati mengonsumsi konten pendidikan yang dibuat dan diperbarui secara berkala oleh para pakar industri.

Raup pendapatan total sekitar Rp 1 miliar dari kursus

Seiring waktu, ekonomi kreator terutama dalam konten edukasi telah berkembang menjadi kekuatan yang begitu besar.

Widhi Muttaqien, salah satu instruktur Indonesia yang sukses di Udemy pun berbagi kisah tentang bagaimana ia membuat konten edukasi dan meraup jutaan rupiah per bulan. Udemy sendiri merupakan salah satu contoh tempat bagi para kreator berkarya di bidang edukasi.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Memiliki passion untuk mengajar dan mengembangkan perangkat lunak, Widhi membuat kursus Udemy pertamanya pada tahun 2014.

Perlahan tapi pasti, siswa terus berdatangan dan mendaftar di kursusnya, dari hanya dua siswa baru menjadi lebih dari 45.000 siswa saat ini.

Pada bulan pertama, ia dapat menghasilkan sekitar Rp 1,4 juta, lalu meningkat menjadi Rp 2,3 juta di bulan kedua, meningkat Rp 3,4 juta di bulan ketiga, dan terus meningkat secara konsisten hingga saat ini.

Widhi telah merilis 12 kursus di Udemy mengenai berbagai topik teknologi, mulai dari grafik komputer hingga Microsoft Excel. Ia juga memanfaatkan promosi musiman Udemy untuk menarik lebih banyak pendaftar ke kursus yang ia buat.

Pada tahun 2021, ia memperoleh pendapatan total sekitar Rp 1 miliar dari kursusnya yang ada di Udemy.

“Berkat jumlah pengguna Udemy dan traffic web yang tinggi, saya tidak perlu terus-menerus menjalankan proses pemasaran dan penjualan untuk kursus-kursus saya. Saya hanya perlu fokus membuat kursus yang berkualitas,” kata Widhi dalam keterangan tertulis Udemy.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com