Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Indonesia Terbuka Lebar Kuliah dan Student Exchange di Korsel

Kompas.com - 08/11/2022, 15:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - President University bersama International Korea Culture & Study (IKCS) menggelar Korea Edufair di President University yang terletak di kawasan industri Jababeka, Cikarang. Acara ini diadakan pada 31 Oktober sampai 1 November 2022.

Selama ini hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) berjalan baik.

Baca juga: Ini Jadwal Libur Sekolah Akhir 2022 untuk Siswa SD-SMA, Catat Ya!

Hal itu membuka kesempatan siswa Indonesia untuk kuliah di Korsel, termasuk mengikuti program student exchange untuk mendapatkan kesempatan belajar di Korsel.

Menariknya, Korsel juga merupakan salah satu negara maju karena budaya Kpop dan teknologi canggih.

President IKCS, Meisy Chang menjelaskan, Korea Edufair ini untuk memperkenalkan kampus-kampus yang ada di Korsel untuk anak-anak Indonesia, utamanya pelajar SMA dan SMK serta mahasiswa Indonesia yang ingin meneruskan pendidikan di Korsel.

Meisy menuturkan, Korea Edufair dihadiri perwakilan pelajar SMA dan SMK dari seluruh Indonesia. Tampak pelajar SMA Presiden antusias mengikuti Korea Edufair.

"Bagi mahasiswa President University yang ingin melanjutkan pendidikan ke Korsel juga bisa mencari informasi di Korea Edufair," ucap dia dalam keterangannya, Selasa (8/11/2022).

Adapun sejumlah perguruan tinggi Korsel yang hadir di Korea Edufair Kwangwoon University, Hanbat National University, Ajou University, Cheongju University, INHA University, dan Kangwon National University.

Meisy mengatakan, Korea Edufair ini tak menutup kemungkinan ada mahasiswa Korsel yang kuliah di Indonesia, seperti di President University.

Jadi, lanjutnya, ada program student exchange dalam Korea Edufair.

"Mahasiswa President University bisa memanfaatkan program student exchange untuk bisa belajar di Korsel," ucap dia.

Baca juga: BRI Buka Lowongan Kerja Lulusan S1-S2 Banyak Jurusan, Yuk Daftar

Associate Director International Admissions, Officer of International Affairs Ajou University, Catherine 'Jeong-Young' Choi mengungkapkan, pelajar Indonesia dikenal brilian dan bertanggung jawab, sehingga bisa kuliah di Korsel termasuk di Ajou University.

"Kami ingin semakin banyak pelajar internasional, termasuk pelajar dari Indonesia untuk belajar di Korsel, khususnya di Ajou University," ucap dia.

Catherine mengutarakan, Ajou University ada di kota Suwon yang letaknya tidak jauh dari produsen gadget yang terkenal dari Korsel, yakni Samsung Electronics.

Dia menyebut, tidak menutup kemungkinan mahasiswa internasional, bahkan Indonesia bisa mendapat kesempatan bekerja di Samsung Electronics.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com