Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Kesejahteraan Jadi Alasan Karyawan Bertahan di Tempat Kerja

Kompas.com - 08/11/2022, 11:25 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Menurut lembaga penelitian McCrindle, 11 persen dari tenaga kerja global pada 2030 akan diisi oleh Gen Alfa, yakni mereka yang lahir pada tahun 2010 sampai 2024.

Berbeda dengan Gen X, Y, dan Z, Gen Alfa diprediksi membentuk tren masa depan dunia kerja dengan cara yang berbeda, mulai dari preferensi tempat kerja hingga kesejahteraan.

Hal tersebut dipaparkan oleh Presiden Komisaris Wagely, Alex Denni dalam bincang "Human Resources 5.0: Membangun SDM Masa Depan untuk Industri Padat Tenaga Kerja", beberapa waktu lalu.

“Tidak pernah terlalu dini untuk mulai berpikir tentang Gen Alfa karena ini adalah kesempatan untuk meninjau dan menjelajahi strategi SDM yang akan memberi keunggulan bagi perusahaan dalam menarik dan mempertahankan generasi ini di kemudian hari,” ujar Alex Denni dalam keterangan resmi.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Metaverse, Mahasiswa Harus Tahu

Untuk lebih memahami bagaimana perusahaan dapat mendukung generasi ini, berikut 5 tren masa depan dunia kerja yang dibutuhkan Gen Alfa untuk bertahan di tempat kerja:

1. Preferensi tempat kerja

Bekerja dari mana saja akan menjadi norma baru bagi Gen Alfa.

Selama pandemi, mereka sekolah secara online, sehingga transisi menuju kerja di mana saja akan lebih mudah.

Selain itu, Gen Alfa ingin bekerja untuk perusahaan yang sejalan dengan nilai-nilai yang mereka pegang.

Mereka akan merasa puas dengan pekerjaan yang mereka lakukan, apabila perusahaan memberikan dampak positif, terutama pada isu-isu utama yang menjadi perhatian mereka seperti perubahan iklim, inklusi keuangan, dan pemberdayaan perempuan.

Baca juga: 9 Pekerjaan Bersinar di 2024, Lulusan dari Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

2. Kesejahteraan jadi prioritas lebih dari sebelumnya

Tumbuh di tengah pandemi, ketidakpastian ekonomi, dan tren kerja jarak jauh membuat kesejahteraan (wellbeing) menjadi agenda utama ketika Gen Alfa memasuki dunia kerja.

Bahkan, perhatian terhadap kesejahteraan kian meningkat selama beberapa tahun terakhir. Bahkan, Studi Global Talent Trends 2022 dari Mercer mengungkap, program kesejahteraan termasuk dalam lima alasan teratas mengapa karyawan bertahan, sehingga perusahaan harus memastikan kesejahteraan karyawan secara emosional, fisik, sosial, dan finansial.

"Lebih lanjut, Survei Kesehatan Finansial yang dilakukan wagely kepada lebih dari 3.500 karyawan menunjukkan bahwa 77,5 persen karyawan lebih betah di perusahaan mereka setelah menggunakan wagely. Dengan memiliki akses ke gaji yang sudah diperoleh kapan pun dibutuhkan, karyawan dapat membayar tagihan tepat waktu dan mencapai tujuan finansial mereka, sehingga hasilnya karyawan bertahan lebih lama," papar Alex Denni.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

3. Memanfaatkan teknologi dan metaverse dalam bekerja

Tidak seperti generasi sebelumnya, Gen Alfa telah belajar berbagai topik seperti AI dan bahasa pemrograman sejak sekolah dasar.

Mereka adalah generasi yang paling terintegrasi secara teknologi.

Karena telah terbiasa dengan berbagai perangkat pintar, mereka akan belajar dengan lebih cepat dan dapat menerapkannya dalam dunia kerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com