Kompas.com - 02/11/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa kuliah di Korea Selatan sudah banyak dibuka untuk pelajar internasional, termasuk pelajar Indonesia. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi ialah sertifikat kecakapan bahasa Korea.

Sertifikat itu didapatkan melalui Test of Proficiency in Korean (TOPIK). TOPIK merupakan tes yang harus diikuti oleh seseorang yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di Korea.

TOPIK terdiri dari 2 bagian, yaitu TOPIK I mencakup level 1 dan 2 serta TOPIK II yang mencakup level 3 sampai level 6.

Baca juga: Annyeonghaseyo, Ini 5 Kampus Terbaik Korea Selatan dan Beasiswanya

Melansir dari lembaga kursus kebahasaan Kukche Language terdapat 6 kiat sukses lulus TOPIK yang patut kamu coba.

1. Ingat kosakata

Dalam soal ujian TOPIK banyak sekali kosakata bahasa Korea yang mungkin belum kamu ketahui atau dipelajari. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes TOPIK, akan sangat baik ketika kosakata harus menghafalkan kosakata sebanyak-banyaknya.

Kuckhe Language menyarankan, sehari minimal menghafalkan 500 sampai 1.000 kosakata. Jika menghafal banyak kosakata, akan lebih mudah dalam memahami soal ujian TOPIK.

Kosakata bahasa Korea bisa diakses dengan banyak cara. Misalnya, sering membaca buku kamus bahasa Korea, berlatih dengan kamus daring, atau bahkan menggunakan cara yang lebih seru seperti belajar kosakata lewat drama Korea atau lagu Korea.

Baca juga: Beasiswa Penuh S2-S3 Korea Selatan, Dapat Uang Saku Rp 17 Juta

2. Membaca Hangeul dengan cepat

Durasi ujian TOPIK adalah 70 menit dengan total 50 soal.

50 soal ini dibagi 2 jenis, yaitu 25 soal membaca dan 25 soal mendengar. Dengan banyaknya soal yang harus dikerjakan dalam waktu yang terbatas tersebut, mengharuskan kamu mampu membaca hangeul (alfabet Korea) dengan cepat.

Kelancaran dan kecepatan membaca hangeul sangat penting karena waktu kita akan habis jika kita membaca soal dengan masih mengeja huruf hangeul satu per satu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.