Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SCK Don Bosco Gelar Bulan Literasi “Readers Today, Leaders Tomorrow”

Kompas.com - 01/11/2022, 20:09 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

Penulis: Maria Levina Lintang Kinasih | Siswa Kelas 11 SMA SCK Don Bosco Pondok Indah

KOMPAS.com - Sekolah Citra Kasih (SCK) Don Bosco Pondok Indah menjadikan Bulan Oktober 2022 sebagai Bulan Literasi dengan mengangkat tema “Readers Today, Leaders Tomorrow”.

Pencanangan Bulan Literasi ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober setiap tahunnya.

Beberapa aktivitas dilakukan SCK Don Bosco Pondok Indah antara lain Sustained Silent Reading (SSR). SSR merupakan kegiatan membaca selama 15 menit di pagi hari setiap harinya pada masa bulan literasi.

 

Mulai dari jenjang Play Group, TK, SD, SMP, hingga SMA dan juga guru serta staff membaca pada waktu yang sudah ditentukan.

"Dengan SSR warga sekolah bisa menerima ilmu, menambah wawasan dan bahasa melalui buku-buku yang mereka baca. Saya pribadi membaca novel remaja yang sesuai dengan umur saya," ungkap Maria Levina Lintang Kinasih, siswa kelas 11 SMA SCK Don Bosco Pondok Indah.

Baca juga: Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa Unnes Kibarkan Merah Putih di Pegunungan Himalaya

Selain SSR, sekolah juga menggelar Book Fair bertempat di Aula SCK Don Bosco dengan mengundang beberapa toko buku, termasuk Gramedia. 

Sekolah Citra Kasih (SCK) Don Bosco Pondok Indah menjadikan Bulan Oktober 2022 sebagai Bulan Literasi dengan mengangkat tema ?Readers Today, Leaders Tomorrow?. Salah satu kegiatan diadakan antara lain Parent's Read A Loud. DOK. SCK DON BOSCO Sekolah Citra Kasih (SCK) Don Bosco Pondok Indah menjadikan Bulan Oktober 2022 sebagai Bulan Literasi dengan mengangkat tema ?Readers Today, Leaders Tomorrow?. Salah satu kegiatan diadakan antara lain Parent's Read A Loud.

Tidak hanya pameran buku, menyambut bulan literasi sekolah juga menyelenggarakan beberapa kompetisi yang diikuti seluruh siswa.

Beberapa lomba yang digelar antara lain; musikalisasi puisi, resensi buku, scrabble, dan storytelling.

"Oh, tapi tak hanya itu, para siswa juga diberi kesempatan untuk menghias kelas mereka sebagus, sekreatif mungkin untuk memenangkan perlombaan menghias kelas. Beragam media digunakan untuk menghias kelas mulai dari melukis wajah pahlawan, menggunakan tumblr light, dan pernak-pernik cantik untuk memperindah kelas," ungkap Maria Levina.

Tidak hanya para siswa dan guru, bulan literasi SCK Don Bosco Pondok Indah juga melibatkan orangtua untuk ambil bagian melalui kegiatan "Parent's Read A Loud" di mana orangtua membacakan buku cerita di dalam kelas.

Sekolah Citra Kasih (SCK) Don Bosco Pondok Indah menjadikan Bulan Oktober 2022 sebagai Bulan Literasi dengan mengangkat tema Readers Today, Leaders Tomorrow. Salah satu kegiatan diadakan antara lain parade kostum berdasarkan buku yang dibaca siswa.
DOK. SCK DON BOSCO Sekolah Citra Kasih (SCK) Don Bosco Pondok Indah menjadikan Bulan Oktober 2022 sebagai Bulan Literasi dengan mengangkat tema Readers Today, Leaders Tomorrow. Salah satu kegiatan diadakan antara lain parade kostum berdasarkan buku yang dibaca siswa.

Penutupan bulan literasi yang dilaksanakan tanggal 28 Oktober, ditutup dengan penampilan para pemenang musikalisasi puisi, final kompetisi scrabble, upacara, dan warga sekolah yang mengikuti parade kostum sebagai bagian peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Baca juga: Refleksikan Perjuangan Perempuan, Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran “Swara Iboe”

Siswa KB hingga SD menggunakan kostum yang berhubungan dengan buku yang mereka baca, sedangkan SMP dan SMA menggunakan baju tradisional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com