Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Annyeonghaseyo", Ini 5 Kampus Terbaik Korea Selatan dan Beasiswanya

Kompas.com - 05/02/2022, 11:31 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya bersinar dalam dunia hiburan K-pop ataupun K-drama, Korea Selatan juga unggul dalam dunia pendidikan.

Berdasarkan hasil Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018, Korea Selatan menempati peringkat ketujuh dengan perolehan skor pada kompetensi Membaca, Matematika, dan Sains dengan nilai masing-masing yaitu 514, 526, dan 519.

Bila dibandingkan dengan perolehan skor PISA milik Indonesia, secara berturut-turut skor untuk Membaca, Matematika, dan Sains adalah 371, 379, dan 396. Indonesia menempati peringkat ke-74 dari 79 negara.

Tak heran, tingginya kualitas pendidikan di Korea Selatan salah satunya disebabkan oleh kebiasaan belajar para siswanya yang tekun dan rajin.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

Bila kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke Negeri Ginseng, platform pendidikan berbasis teknologi, Zenius merangkum lima universitas terbaik yang dilansir dari Times Higher Education World University Rankings tahun 2022. Beberapa di antaranya rutin menawarkan beasiswa.

1. Seoul National University (SNU)

Bagi kamu pencinta K-drama, mungkin sudah tidak asing dengan universitas yang satu ini.

SNU adalah universitas paling bergengsi dan dengan tingkat persaingan yang sangat ketat. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di ibu kota Korea Selatan, Seoul.

Letaknya yang strategis serta banyaknya kerja sama yang dimiliki dalam tingkat internasional menjadikan SNU menarik perhatian banyak orang.

Universitas ini memiliki 16 perguruan tinggi, sekolah pascasarjana, dan 10 sekolah pascasarjana profesional yang menawarkan ratusan program sarjana, pascasarjana, dan PhD.

Jaringan alumni SNU dikenal sebagai yang terkuat di Korea Selatan, sehingga akan memudahkan perjalanan karier alumni ke depannya.

Baca juga: Beasiswa S1 di Singapura 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 69 Juta Per Tahun

Beasiswa yang bisa didaftar:

  • Beasiswa S1 Korean Government Scholarship Program (KGSP): biaya kuliah ditanggung penuh, tunjangan Rp 10 juta per bulan, hingga asuransi.

Info resmi https://en.snu.ac.kr/admission/undergraduate/scholarships/before_admission 

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST menjadi universitas pertama yang berfokus pada sains dan teknologi, alasan pendiriannya disebutkan sebagai “pengakuan atas kebutuhan bangsa akan sumber daya manusia elit dalam sains dan teknologi”.

Menariknya, KAIST menerapkan sistem penerimaan tanpa tes, melainkan berdasarkan nilai, surat rekomendasi dari guru, dan pernyataan pribadi. Dan kamu tidak perlu khawatir, karena lebih dari 80 persen kelas di KAIST dibawakan dalam bahasa Inggris.

Universitas yang berada di pusat kota Daejeon ini telah menghasilkan berbagai penemuan dalam hal teknologi, bahkan berbagai barang elektronik yang kamu gunakan mungkin saja didesain oleh alumni dari KAIST.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com