Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Ketua RW, Lulus Kuliah dengan IPK Cumlaude 3,74

Kompas.com - 01/11/2022, 18:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu wisudawan Pascarsarjana UM Surabaya yang juga menjabat sebagai Ketua RW, yakni Burhanuddin berhasil memperoleh nilai IPK Cumlaude 3,74.

Pria yang kerap disapa Burhan ini menyelesaikan studi Program Magister Pendidikan Islam secara tepat waktu di tengah padatnya aktivitas menjadi seorang Guru di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom, Sidoarjo.

Baca juga: Kisah Ale, Wisudawan ITB dengan IPK Tertinggi 3,98

Dalam menyelesaikan tugas akhir, Burhan mengambil judul penelitian "Manajemen Strategis Kepala Sekolah dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo".

Sebelum menjabat sebagai Ketua RW, Burhan juga telah disibukkan menjadi Ketua RT.

Saat menjadi Ketua RT, dia juga menjadi seorang Guru. Tak lupa, dia juga merupakan aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah Sidoarjo.

Di Muhammadiyah, dia menjabat sebagai Sekretaris Bidang Dakwah dan Pengkajian Agama Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Timur.

Dia juga diamanahi sebagai Ketua Majelis Kader PDM Sidoarjo.

Tak berhenti disitu, dia juga didapuk sebagai Dewan Penasehat Masjid Alhidayah Kedungkendo Candi Sidoarjo.

Dia menceritakan, dirinya dari pagi hingga sore mengajar. Pada malam hari, dia gunakan waktunya untuk kepentingan organisasi dan masyarakat.

Saat ini, sebut dia, merupakan tahun pertama dirinya menjabat sebagai Ketua RW, dengan masa jabatan 5 tahun.

Baca juga: Sosok Vinka, Mahasiswa ITB Lulus dengan IPK Tertinggi 3,98

"Awalnya saya ini adalah Ketua RT yang menjabat selama 2 tahun, tapi di tengah perjalanan, saya diminta warga untuk menjadi Ketua RW," kata dia dalam keterangannya yang ditulis Selasa (1/11/2022).

Setelah diamanahi menjadi Ketua RW, dia memiliki visi dan misi, seperti penerbitan manajemen keuangan dan penertiban masalah makam.

Karena, menurutnya 2 hal tersebut sangat krusial dan harus diterbitkan.

"Kebetulan jumlah penduduk yang saya urus ada 300 KK yang terdiri dari 5 RT, harapan saya semuanya bisa terkoordinir dengan baik," ungkap dia.

Tips dapat IPK Cumlaude

Demi menggapai IPK Cumlaude, dia menyebut kuncinya adalah fokus, menyukai belajar, dan lakukan yang terbaik apa yang sudah menjadi tanggung jawab.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com