Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat CV Beasiswa agar Lebih Menarik, Yuk Coba

Kompas.com - 01/11/2022, 16:04 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat berencana mendaftar program beasiswa, kamu perlu membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik.

Membuat CV yang menarik tidak hanya diperlukan untuk melamar pekerjaan, tetapi juga untuk memenuhi syarat mendaftar beasiswa.

Mengapa CV beasiswa harus menarik? Alasannya hampir sama dengan CV untuk melamar kerja.

CV beasiswa ibarat "cerminan" singkat mengenai jati dirimu. Sehingga pihak pemberi beasiswa bisa memutuskan layak tidaknya seseorang mendapatkan beasiswa.

Baca juga: Intip 6 Sekolah Kedinasan Sepi Peminat 2022, Tertarik Daftar?

Cara membuat CV beasiswa agar lebih menarik

Ingin membuat CV beasiswa yang menarik? Melansir dari laman Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA, Selasa (1/11/2022), berikut panduan cara membuat CV beasiswa agar lebih menarik:

1. Berikan informasi diri secara singkat dan jelas

Seperti CV lamaran kerja, saat membuat CV beasiswa kamu harus mencantumkan identitas diri dan beberapa informasi lainya secara singkat, padat, dan jelas.

CV beasiswa menarik ini bertujuan agar pihak yang membaca CV beasiswa tertarik untuk membaca lebih jauh mengenai CV buatanmu.

Umumnya CV beasiswa berisikan data lengkap mengenai identitas diri, mulai dari nama lengkap, nomor telepon, alamat email, hingga media sosial yang dimiliki. Kamu juga bisa melampirkan riwayat pendidikan terakhir, pengalaman organisasi, pengalaman magang, hingga pelatihan-pelatihan yang pernah kamu ambil yang berkaitan dengan pendidikan yang ingin ditempuh.

Kamu juga wajib menyertakan keterampilan yang dimiliki. Seperti kemampuan berbahasa asing atau ilmu komputer. Ini penting untuk dicantumkan sebagai bahan pertimbangan kelayakan kamu mendapatkan beasiswa.

Baca juga: Memaafkan Pelaku KDRT Apakah Tindakan Benar? Ini Kata Psikolog Unair

2. Gunakan desain yang simpel tapi menarik

Agar CV beasiswa lebih menarik, kamu bisa memberi sentuhan desain agar mempercantik tampilan CV-mu. Kamu juga bisa menggunakan font-font yang menarik dengan ukuran pas agar mudah dibaca.

Jika kamu masih merasa kesulitan mendesain CV beasiswa agar lebih menarik, membuat CV kreatif bisa menggunakan aplikasi seperti Canva atau Easy Resume Builder.

3. Tulis sesuai fakta

Saat membuat CV beasiswa tentunya hal yang ditulis harus jujur dan sesuai fakta. Jangan sampai kamu membuat sesuatu yang tidak sesuai fakta. Misalnya tidak menguasai photoshop, namun di CV beasiswa ditulis kamu menguasainya.

Baca juga: Yuk Intip Jenis Pekerjaan Baru di Era Revolusi Industri 4.0

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com