Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2022, 15:33 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswa atau pelajar terkadang susah menyisihkan uang untuk ditabung. Karena itu, dibutuhkan tips menabung untuk pelajar.

Bagaimana caranya? Tentu caranya ialah dengan menyisihkan uang jajan. Atau bisa dengan membatasi pengeluaran.

Bagi yang selalu dapat uang jajan dari orangtua, dan ingin belajar menabung, maka bisa menyimak tips menabung untuk pelajar. Informasi dilansir dari laman Sampoerna Academy.

Baca juga: Akademisi IPB Beberkan 7 Strategi Menabung bagi Generasi Sandwich

Tips menabung untuk pelajar

1. Buat perencanaan anggaran

Tips pertama ialah dengan membuat perencanaan dana. Di era digital saat ini sudah banyak aplikasi yang mendukung kita untuk membuat perencanaan anggaran atau budget.

Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan mudah dan tidak perlu pusing menghitung lagi.

Misalnya kalian bisa post anggaran 50 persen untuk kebutuhan harian, 20 persen dipakai untuk pengeluaran yang kalian inginkan dan 30 persen untuk di tabung.

2. Buat tantangan menabung

Kamu bisa membuat tantangan menabung dalam waktu tertentu. Tentu kamu harus konsisten dalam menambungnya. Kamu juga bisa menggunakan tabel menabung harian atau tabel menabung bulanan.

3. Bisa bedakan kebutuhan dan keinginan

Bagi yang suka berselancar di marketplace, tentu harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Meski ada diskon, tetapi barang itu tidak kamu butuhkan, ya sebaiknya tidak dibeli.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Lho Manfaat Menabung Sejak Dini

Berbelanja untuk keinginan itu boleh banget, namun harus diperhatikan kegunaan dan manfaat barang-barang yang ingin kamu beli. Apakah dibutuhkan sekali untuk saat ini atau hanya sebagai memenuhi hasrat saja.

4. Cari aktivitas seru

Sebagian besar kegiatan sosial membutuhkan biaya. Namun jangan khawatir, ada cara yang lebih murah untuk refreshing tanpa mengeluarkan budget yang berlebihan.

Misalnya, daripada kita pergi ke tempat-tempat ‘hidden gem’ yang pastinya menguras kantong, bisa kita ganti pergi ke kebun raya atau ke taman. Sudah pasti lebih sehat dan hemat di kantong.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com