Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Ini Lho Manfaat Menabung Sejak Dini

Kompas.com - 22/04/2022, 14:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sejak dulu, orangtua sudah mengajarkan anaknya untuk gemar menabung. Tujuannya tak lain agar masa depan bisa lebih baik jika memiliki dana cadangan.

Terlebih ketika suatu saat nanti ada musibah, contohnya pandemi Covid-19 ini banyak orang berhenti bekerja karena di PHK. Karena itu, penting sekali menabung demi masa depan.

Maka, para siswa atau mahasiswa harus mau membiasakan diri untuk menabung. Dengan memiliki tabungan, kamu juga bisa mewujudkan impianmu dan lebih aman menjalani masa depan.

Baca juga: Info UMA: Ini Bahan Alami Obat Jerawat

Manfaat menabung sejak dini

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini 6 manfaat menabung sejak dini bagi mahasiswa dan pelajar:

1. Punya cadangan uang dalam keadaan darurat

Lebih baik sedia payung sebelum hujan. Menabung berarti memiliki cadangan uang untuk menghadapi situasi apapun, termasuk bencana atau musibah.

Tentum tidak dapat dimungkiri, keadaan darurat bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, tanpa sinyal terlebih dulu.

2. Mencegah berhutang

Demi memenuhi kebutuhan, tidak sedikit orang memilih untuk berhutang. Namun, berhutang saja bisa menjadi kebiasaan yang tidak bagus buat masa depan.

Tumpukan hutang ditambah bunga (kalau ada) malah bikin beban bertambah. Nggak mau kan hidup nggak tenang gara-gara banyak utang?

Baca juga: 5 Tips Aman Liburan Saat Pendemi dari UMA

3. Untuk investasi jangka panjang

Tentu, ada banyak jenis tabungan yang bisa kamu andalkan untuk jangka panjang. Tidak cuma buka tabungan dan deposito di bank, tapi kamu juga bisa mencoba instrumen investasi, seperti reksadana.

Pilihlah jenis investasi yang menguntungkan dan sesuai kebutuhanmu. Sewaktu-waktu perlu mencairkan dana, tabungan jangka panjang ini akan siap.

4. Jadi andal mengatur keuangan

Manfaat menabung sejak dini berikutnya ialah bisa andal atur keuangan. Belajar menabung sejak dini bagus untuk kamu, apalagi kalau sudah berkeluarga nanti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com