Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2022, 12:02 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Seseorang yang sudah menginjak usia remaja akan mengalami beberapa masalah, salah satunya mengenai jerawat. Tentu jerawat menjadikan seseorang tidak percaya diri.

Meski penyakit kulit ini tidak menular, tetapi seseorang yang berjerawat ingin kulitnya mulus dan tidak berjerawat.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat? Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan obat jerawat dari bahan alami.

Baca juga: Tips Cepat Tidur dari Fakultas Psikologi UMA

Obat jerawat dari bahan alami

Selain obat-obatan, seperti krim dan antibiotik, Anda bisa meningkatkan kecepatan proses pemulihan dengan memakai bahan-bahan alami.

Sejumlah bahan disebut menjadi obat alami jerawat yang relatif populer karena praktis digunakan serta lebih terjangkau.

Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dikenal sejak lama sebagai obat alami penghilang jerawat sebab sifat antibakteri pada dalamnya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini dibuktikan melalui penelitian asal The Australasian Journal of Dermatology.

Di dalam penelitian tadi memberikan bahwa kulit dengan jerawat ringan hingga sedang terlihat membaik sesudah dioleskan minyak pohon teh. Bahkan, tidak terdapat dampak samping berfokus yang ada sesudah penggunaan tea tree oil.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut buat memastikan apakah minyak pohon teh bisa digunakan buat mengobati jenis jerawat lainnya.

Gel lidah buaya

Cara alami lainnya artinya menggunakan donasi gel lidah buaya untuk jerawat. Gel pengecap buaya terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, serta meningkatkan kecepatan penyembuhan luka.

Dari penelitian yang diterbitkan di Indian Journal of Dermatology, kandungan lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, serta fenol dalam pengecap buaya Mengganggu bakteri penyebab jerawat.

Baca juga: 5 Tips Aman Liburan Saat Pendemi dari UMA

Gel lidah buaya pula bisa dipergunakan ke kulit tanpa adonan apa pun atau berbarengan dengan obat jerawat lainnya. Meski begitu, usahakan konsultasikan ke dokter sebelum Anda memasukkan lidah buaya ke dalam pengobatan jerawat.

Madu

Tahukah Anda bahwa ternyata madu buat jerawat mampu sangat bermanfaat buat Anda? Madu, terutama jenis madu manuka, mengandung antioksidan yang dapat meredakan proses peradangan jerawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com