Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui 7 Jenis Perpustakaan di Indonesia

Kompas.com - 20/10/2022, 08:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perpustakaan merupakan sumber ilmu karena terdapat banyak buku yang menjadi jendela dunia.

Siswa bisa memanfaatkan perpustakaan untuk mencari bahan referensi, belajar, menambah pengetahuan dan banyak manfaat lainnya.

Selain perpustakaan di sekolah, ada beberapa jenis perpustakaan lainnya. Melansir dari laman SMA Dwi Warga Bogor, Rabu (19/10/2022) terdapat jenis-jenis perpustakaan yang ada di Indonesia.

Mau tahu perpustakaan apa saja yang ada di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini:

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ketahui 9 Gejala Demam Tifoid pada Anak

1. Perpustakaan sekolah

Perpustakaan sekolah menjadi salah satu jenis perpustakaan di Indonesia yang akrab dengan para siswa.

Biasanya perpustakaan sekolah menjadi salah satu fasilitas yang ada di hampir semua sekolah di Indonesia. Mulai dari jenjang SD hingga SMA. Jadi bisa dipastikan jika Kamu pernah masuk ke perpustakaan meski hanya satu kali.

Pada umumnya, perpustakaan sekolah menyediakan buku-buku yang menunjang pembelajaran. Dengan begini maka proses belajar mengajar bisa berjalan lebih efektif dan efisien. 

2. Perpustakaan perguruan tinggi

Selain di sekolah, perpustakaan tentunya juga terdapat di perguruan tinggi. Bahkan di satu perguruan tinggi bisa memiliki lebih dari satu perpustakaan. Biasanya tiap fakultas memiliki perpustakaan yang bisa menunjang perkuliahan mahasiswa.

Perpustakaan di perguruan tinggi juga memiliki koleksi buku yang sangat lengkap. Selain itu, juga memiliki koleksi skripsi dari mahasiswa yang sudah lulus.

Keberadaan perpustakaan di perguruan tinggi ini untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Baca juga: Gladi Bersih ANBK 2022 SD/MI Dimulai, Cek Contoh Soal Numerasi

3. Perpustakaan umum

Jika dua jenis perpustakaan sebelumnya ditujukan bagi peserta didik baik pelajar maupun mahasiswa, perpustakaan umum terbuka bagi masyarakat umum. 

Perpustakaan umum tidak pernah sepi dari para pengunjung yang ingin membaca buku koleksinya. Biasanya koleksi buku di perpustakaan umum juga bisa dipinjam asalkan sudah memiliki kartu anggota.

4. Perpustakaan khusus

Perpustakaan khusus ini merupakan jenis perpustakaan yang dikelola pihak swasta atau lembaga pemerintah.

Disebut sebagai perpustakaan khusus karena hanya diperuntukkan untuk orang-orang tertentu saja.

Misalnya hanya untuk instansi induknya saja dan semacamnya. Jadi, jika bukan anggota tidak bisa mengakses buku-buku yang ada didalamnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com