Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2022, 16:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini terjadi kasus gagal ginjal pada anak. Karena itu, masyarakat harus paham cara merawat ginjal agar tetap sehat.

Sebab tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga bisa gagal ginjal. Kini, penting sekali menjaga kesehatan tubuh termasuk organ ginjal.

Agar ginjal tetap sehat, maka Anda harus menjaga kesehatan ginjal dengan menerapkan kebiasaan baik supaya terhindar dari risiko penyakit.

Baca juga: Dosen Stikes Banyuwangi: Diet Plado, Cara Mengatasi Gagal Ginjal Kronis

Adapun kebiasaan baik itu bisa dimulai dengan hal-hal sederhana. Apa saja itu? Melansir laman Universitas Gunadarma, berikut ini cara merawat ginjal agar tetap sehat:

Cara merawat ginjal agar tetap sehat

1. Asupan cairan harus terpenuhi

Tentunya, fungsi dari ginjal itu merupakan sistem utama penyaring darah. Dengan begitu, pasokan cairan di dalam tubuh harus memadai untuk memudahkan kinerja ginjal saat mengeluarkan kotoran dari aliran darah.

Jika asupan cairan (air putih) dalam tubuh kurang, ginjal jadi bekerja lebih keras dan memicu cedera yang membuka peluang terhadap penyakit ginjal kronik.

2. Asupan garam dibatasi

Terlalu banyak mengonsumsi asupan tinggi garam dapat menurunkan fungsi ginjal dan meningkatkan jumlah protein dalam urine.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), batas konsumsi garam per orang per hari yang dianjurkan yaitu 2.400 mg atau 1 sendok teh.

Baca juga: Penyebab Gagal Ginjal Kronik dan Cara Mencegahnya, Info Ners Unair

3. Rutin olahraga

Salah satu cara merawat ginjal agar tetap sehat ialah dengan rutin berolahraga. Rutin berolahraga atau selalu aktif bergerak sangat bermanfaat dalam membuat aliran darah semakin lancar.

Disamping itu, olahraga akan membantu membakar kalori sehingga menghindari kelebihan berat badan dan obesitas, sebagai salah satu faktor risiko penyakit ginjal.

4. Obat anti-nyeri agar dihindari

Cara merawat ginjal agar tetap sehat selanjutnya yaitu dengan menghindari segala bentuk obat-obatan anti nyeri yang dikonsumsi secara berlebihan.

Tentunya, obat pereda nyeri yang dikonsumsi berlebihan dan tanpa pengawasan dokter sangat berisiko terhadap kerusakan jaringan ginjal.

5. Mengonsumsi makanan bergizi

Hal penting lainnya ialah selain memenuhi asupan cairan dalam tubuh, pastikan Anda imbangi dengan konsumsi makanan bergizi dan porsinya cukup.

Adapun makanan terbaik bagi ginjal bisa diperoleh dari putih telur, kacang merah, bawang putih, minyak zaitun, atau buah cranberry.

Baca juga: Mahasiswa Unsoed Teliti Seledri Jadi Obat Herbal Penyakit Ginjal

6. Bisa mengontrol gula darah

Tentunya, gula darah harus selalu terkontrol agar terhindar dari risiko diabetes atau penyakit kronis lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com