Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UGM Gelar Jumpa Pers Terkait Gugatan Ijazah Jokowi

Kompas.com - 11/10/2022, 14:38 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Gajdah Mada (UGM), Ova Emilia bakal menggelar konferensi pers terkait gugatan ijazah Presiden Joko Widodo sore ini, Selasa (11/10/2022).

"Jumpa Pers tentang Ijazah Presiden Jokowi bersama Rektor UGM pukul 15.30 di R. Fortakgama sore nanti, Selasa (11/10)," tulis keterangan resmi UGM.

Melansir Kompas.com, ijazah SD, SMP dan SMA Presiden Jokowi digugat oleh seorang warga bernama Bambang Tri Mulyono pada Senin (3/10/2022) ke PN Jakarta Pusat.

Gugatan itu terdaftar dalam perkara nomor 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara perbuatan melawan hukum (PMH).

Gugatan itu terkait dugaan menggunakan ijazah palsu saat mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 lalu.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2022 Kemendikbud Dibuka, Mahasiswa S1-S3 Segera Daftar

Salah satunya, penggugat meminta agar Jokowi dinyatakan telah melakukan berupa membuat keterangan yang tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu berupa ijazah sekolah dasar SD, SMP, dan SMA atas nama Joko Widodo.

Sebagai informasi, Jokowi sempat mengenyam pendidikan di Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sebelum memperoleh gelar insinyur dari UGM, Jokowi menyelesaikan skripsinya terlebih dahulu dengan judul "Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta".

Dari situ, Jokowi memanfaatkan ilmu kuliahnya untuk belajar struktur kayu, pemanfaat, dan teknologinya.

Selama kuliah di UGM, Jokowi aktif menjadi anggota Mapala Silvagama, yakni salah satu organisasi semi otonom yang berada di Fakultas Kehutanan UGM.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com