Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek NISN, Siswa Bisa Cek Lewat Link Ini

Kompas.com - 09/10/2022, 06:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Seluruh siswa, pasti memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang perlu dicek sewaktu-waktu. Tetapi, apa itu NISN?

NISN sendiri adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa serta berfungsi untuk membedakan satu siswa dengan yang lain di seluruh sekolah Indonesia dan di Luar Negeri.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di Refrensi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Jadi, jika ingin cek NISN, datanya ada di dalam database Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Daftar Seleksi PPPK Guru 2022 Lewat Link sscasn.bkn.go.id, Cek Caranya

Fungsi NISN sangat penting untuk berbagai hal. Seperti ujian nasional, pemberian Bantuan Operasional Siswa (BOS), lalu digunakan untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Lalu bagaimana cara cek NISN siswa atau orangtua sewaktu-waktu terlupa?

Cara cek NISN siswa

Untuk mengetahui nomor induk siswa nasional atau NISN, bisa dicek melalui laman resmi NISN Data Kemendikbud. Selengkapnya cara untuk cek nomor NISN siswa yakni sebagai berikut:

1. Buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama/ lalu akan muncul form pencarian nama masukkan “Nama”, “Tempat Lahir”, “Tanggal Lahir”, “Nama Ibu”

2. Setelah diisi, centang pada kotak verifikasi “I’m not a robot”

Baca juga: Dosen UM Surabaya: 6 Makanan Bikin Kulit Berminyak, Salah Satunya Gula

3. Selanjutnya klik “Cari Data” untuk mencari informasi terkait nomor induk siswa nasional atau NISN.

Kapan NISN diberikan ke siswa?

Penerapan NISN mulai dilakukan otomatis mulai tahun pelajaran 2016/2017. Dilansir dari laman Kemendikbud, mulai tahun ajaran tersebut NISN diberikan otomatis kepada siswa baru untuk jenjang pendidikan SD kelas 1 dan peserta didik jenjang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD Dikmas).

Penomoran otomatis ini dilakukan dengan catatan bahwa data peserta didik telah diisikan ke dalam aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik) oleh operator sekolah sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud. Program ini merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud Ristek.

Adapun data yang ditampilkan pada laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id./, ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu.

Manfaat NISN

NISN memiliki sejumlah manfaat yakni sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.

2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Gas Air Mata Berbahaya Buat 5 Organ Tubuh

3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti:

  • Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
  • Ujian Nasional
  • Pip atau KIP Kuliah
  • Sistem seleksi masuk PTN
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com