Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 21:09 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta (FMIPA UNJ) menggelar webinar pada Jumat, 7 Oktober 2022.

Acara dilaksanakan secara hibrid, secara daring disiarkan melalui Edura TV UNJ sedangkan secara luring diadakan di Gedung M. Syafei lantai 8 UNJ Kampus A, Jakarta.

Webinar kali ini mengangkat tajuk “Strengthening Research Capacity for High Impact Publication and Downstream Research” menghadirkan narasumber Prof. Hesham Ali El-Enshasy, Director of Institute of Bioproduct Development University Teknologi Malaysia (UTM). 

Ketua LP2M UNJ Prof. Ucu Cahyana menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan hari ini sejalan dengan visi UNJ, yakni untuk menjadi universitas bereputasi di kawasan Asia.

"Guna mewujudkannya, UNJ menyambut baik semua fakultas untuk bekerja sama, dalam kesempatan ini kerja sama tentang penelitian internasional. Saya yakin chemistry antar kolaborator yang dibangun akan menghasilkan jurnal yang berkualitas," ujar Prof. Ucu.

"Seperti yang sudah kita ketahui bersama, hasil penting dari kegiatan penelitian dikenali dari jumlah sitasi dan jumlah inovasi. Faktor tersebut untuk meningkatkan indeks inovasi negara kita," tambah Prof. Ucu Cahyana.

"Harapan saya, semua fakultas menganggap penelitian, publikasi, hasil akhir dari penelitian dan merupakan satu kesatuan. Marilah kita berpikir bersama dan berkontribusi untuk mewujudkan visi UNJ yang menjadi universitas bereputasi di kawasan Asia," ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Prof. Muktiningsih, Dekan FMIPA UNJ mengatakan pihaknya berharap dengan webinar ini warga UNJ memiliki wawasan tentang pentingnya memiliki penelitian berkualitas.

"Sehingga dapat berkolaborasi secara internasional, dan hasil penelitian tersebut selanjutnya dapat dijadikan sebagai income generating universitas, karena dapat dilanjutkan ke industri," jelas Prof. Muktiningsih.

Pada webinar ini terdapat dua tema diangkat Prof. Hesham Ali, yaitu: (1) Management of Translational Research in Bioproducts Development: From Scientific Value to Business Value; dan (2) How to make your research visible? From idea tp high impact Factor Published Manuscript.

Baca juga: Kisah Pria Indonesia Lulusan S2 Malaysia Jadi Tentara Perdamaian Dunia

 

"Salah satu poin penting dari webinar ini adalah membuka pandangan kita bahwa kita bisa memulai dari hal yang kita miliki sekecil apapun, yang penting jangan mudah menyerah, dan terus jalin kolaborasi. Sehingga kekurangan yang ada dapat di perbaiki dengan adanya kolaborasi yang saling melengkapi," tutup Prof. Muktiningsih.

Dalam webinar yang dimoderatori Dalia Sukmawati, turut hadir para wakil rektor, Ketua LP2M, para dekan dan wakil dekan, para koordinator pusat LP2M, dan para dosen di lingkungan UNJ.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com