Kompas.com - 06/10/2022, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI siap memberikan beasiswa kepada para anak korban tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022).

Bantuan beasiswa pendidikan Baznas diprioritaskan kepada para anak yang orangtuanya meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan dan tergolong mustahik.

Bentuk beasiswa yang diberikan bagi anak-anak korban tragedi Kanjuruhan, yakni sampai mereka kuliah. 

"Baznas sangat prihatin dengan tragedi Kanjuruhan ini. Salah satu yang harus diperhatikan adalah keberlangsungan pendidikan para anak yang orangtuanya meninggal dunia dalam peristiwa itu. Maka, Baznas sedang menyiapkan program beasiswa pendidikan kepada para anak tersebut hingga bangku perguruan tinggi," kata Ketua Baznas RI, Prof. Noor Achmad MA, dilansir dari laman Baznas.

Baca juga: Polri Beri Beasiswa Anak Korban Tragedi Kanjuruhan hingga SMA

Menurut Noor, saat ini Baznas masih menggodok skema program beasiswa pendidikan dan terus berkoordinasi dengan beberapa pihak, seperti Pemprov Jawa Timur dan Pemda Malang, untuk memaksimalkan bantuan agar tepat sasaran.

Dia mengatakan pendidikan memang jadi salah satu perhatian Baznas dalam membantu dan mengangkat perekonomian masyarakat rentan agar mampu bertransformasi menjadi muzaki di kemudian hari.

Selain beasiswa, bantuan lain yang tengah disiapkan Baznas adalah santunan kepada korban tragedi Kanjuruhan, khususnya mereka yang tergolong mustahik.

"Untuk berbagai bantuan yang disiapkan, Baznas RI telah berkoordinasi dengan Baznas se-Jawa Timur. InsyaAllah akan segera terlaksana, sambil menunggu proses pendataan," ujar Prof. Noor.

Baca juga: 5 Beasiswa S1-S3 ke Oxford, Gratis Kuliah Plus Dapat Uang Saku

Sepanjang tahun 2022 Baznas telah meluncurkan berbagai bantuan beasiswa pendidikan, yakni Beasiswa Cendekia Baznas di 102 kampus di Indonesia. 

Kemudian ada Beasiswa Al Azhar, Beasiswa Riset Program Mazawa, Beasiswa Riset Zakat Prodi Umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.