Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 15:08 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebanyak 24 mahasiswa dari 18 perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi akan belajar selama satu semester di University of Nottingham, Inggris.

Mereka merupakan penerima beasiswa (awardees) Indonesian International Student Mobility Awards for Vocational Edition (IISMAVO) 2022 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (APTV), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Beny Bandanadjaja melepas keberangkatan 24 mahasiswa tersebut ke kampus impian mereka.

Hal tersebut menunjukkan dukungan nyata dari Kemendikbudristek terhadap para awardees dalam mengikuti IISMAVO Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Pastikan KIP Kuliah Dibuka Setiap Tahun

Beny memberikan arahan dan menyampaikan harapan besarnya kepada penerima beasiswa agar awardees dapat memahami peran mereka sebagai pemuda bangsa, khususnya selama menjalani kegiatan IISMAVO.

“Jaga baik nama Indonesia, nama baik Kemendikbudristek, dan nama baik vokasi, karena kesuksesaan Anda adalah kesuksesan vokasi,” ujar Beny ketika berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, pekan lalu.

Beny juga meminta agar para mahasiswa bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pelajar, duta budaya, dan duta vokasi Indonesia di negara tujuan.

Rasa syukur dari mahasiswa dan orangtua

Sementara itu, Faishal Hanif Permata, salah satu awardee yang merupakan mahasiswa Program Studi D-4 Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta mengungkapkan kebahagiaannya menjelang keberangkatan.

“Meski berangkat dengan berbagai ragam latar belakang, saya berharap agar teman-teman dapat bersama-sama menjalankan program ini dengan baik dan lancar sehingga bisa mendapatkan capaian yang bermanfaat,” ungkap Faishal.

Faishal juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang membantu proses keberangkatan mereka.

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

“Doakan kami dapat menjalankan program ini dengan lancar dan pulang ke Indonesia dengan membawa banyak pengalaman yang bisa berkontribusi bagi program ini, kampus, dan negara. Doakan kami pulang dengan sehat walafiat,” tutup Faishal.

Koordinator Kerja Sama Luar Negeri Pendidikan Vokasi, Cecep Somantri yang juga termasuk perwakilan dari orang tua sekaligus alumnus University of Nottingham, menyampaikan kekagumannya atas semangat para awardees dan orang tua yang hadir dalam acara pelepasan tersebut.

“IISMAVO bukan sekadar bentuk implementasi kebijakan Merdeka Belajar. Lebih dari itu, secara filosofis, IISMAVO adalah media krusial yang diharapkan mampu memperluas wawasan dan cara pandang mahasiswa. Dengan menempuh pendidikan di luar negeri, meskipun singkat, dampaknya bisa jadi sepanjang hayat,” ujar Cecep dalam arahannya.

Sementara itu, Ria Elisabet sebagai perwakilan orang tua dari Mathew Timothi, salah satu awardee dari Universitas Padjadjaran, Bandung, menyampaikan rasa bangga melihat putranya menjadi salah satu bagian dari rombongan yang akan diberangkatkan untuk menuntut ilmu ke Inggris.

Dia menyampaikan ucapan selamat kepada 24 orang penerima beasiswa yang telah berjuang keras untuk lolos dalam program tersebut.

Baca juga: Sejarah Kemendikbud, dari Ki Hadjar Dewantara hingga Nadiem Makarim

Bukan hanya itu, Ria juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kemendikbudristek dan pihak penyelenggara program IISMAVO.

Ria berpendapat bahwa program tersebut memberi kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk bisa memiliki wawasan global dan merasakan pengalaman belajar di luar negeri. Ria juga berpesan para awardee agar memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

“Gunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk melakukan studi, menambah pengetahuan dan studi banding. Harus tetap kompak dan selalu menjunjung tinggi budaya Indonesia agar nanti Indonesia bisa selalu diingat sebagai bangsa yang baik dan sopan,” urai Ria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com