Kompas.com - 03/10/2022, 11:32 WIB
|

KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) terus memperluas jejaring internasional. Seperti halnya berkolaborasi dengan Universitas Erasmus, Belanda.

Menariknya, saat berada di Belanda, Dekan FK Unair, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG(K)., bertemu dengan Diaspora yakni Prof. Hok Bing Thio.

Prof. Bing begitu dia sering dipanggil oleh murid-muridnya, adalah guru besar dalam bidang Dermatologi di Erasmus Medical Centrum Rotterdam.

Baca juga: Dosen Gizi Unair: Ini Tips Kontrol Gula Berlebih pada Makanan Kemasan

"Ayah beliau dokter gigi lulusan FKG Unair, kemudian membuka praktek dokter gigi di Belanda, di daerah berbatasan dengan Jerman," cerita Prof. Dr. Budi seperti dikutip dari laman FK Unair, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, Prof. Bing lahir dan sekolah di Surabaya hingga tamat SD, tinggal di jalan Lawu Surabaya.

Kemudian berkuliah di Fakultas Kedokteran Leiden dan mengambil Spesialis Dermatologi di kampus yang sama. Ia mengajar di Erasmus Medicum Centrum Rotterdam hingga menjadi profesor.

"Saat ini beliau mempunyai student PhD dari Indonesia, ada yang dari UI, Unpad, Unair dan Brawijaya," imbuh dekan FK Unair.

Dalam pertemuannya ini lahir sebuah wacana untuk mengerjakan proyek penelitian bersama dengan mengangkat isu glogal, perubahan iklim.

Rencananya, penelitian ini akan melibatkan tiga Fakultas Kedokteran dari kampus terkemuka, Unair, Universitas Thamassat, Thailand dan Universitas Erasmus.

Adapun penelitian ini akan menyoroti dampak perubahan iklim pada kesehatan kulit.

"Rencananya untuk pendanaan akan kami ajukan ke Uni Eropa," lanjut ahli obgyn ini.

Baca juga: 6 Makanan bagi Penderita Asam Lambung, Info Ners Unair

Bahkan jika tak ada halangan, dekan FK Unair akan bertemu kembali dengan Prof. Bing di Surabaya pada bulan November mendatang untuk membahas kolaborasi lanjutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber FK Unair


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.